Dorong Keterbukaan Informasi Publik, Prokopim Tomohon Gelar Konferensi Pers

TOMOHON, mejahijau.comDorong Keterbukaan Informasi Publik, Prokopim Tomohon gelar konferensi pers, Senin, (13/03/2023).

Konferensi pers di lantai III Setda Kota Tomohon ditukangi oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) menghadirkan SKPD dan BUMD.
Kegiatan Konferensi Pers untuk pertama kali dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tomohon dihadiri oleh lima Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

SKPD yang hadir antaranya Dinas Pariwisata, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pertanian dan Petenakan, dan Dinas Kominfo, serta PDAM.

Kepala Bagian Prokopim Christo Kalumata menjelaskan maksud tujuan kegiatan sekaligus membuka dan langsung memberi kesempatan kepada Dirut PDAM Kota Tomohon.

Dirut PDAM Kota Tomohon Adrian Ngenget menjelaskan, pihaknya kini dililit berbagai permasalahan eksternal dan internal sehingga mempengaruhi pelayanan.

“Permasalahan eksternal terkait temuan di lapangan keroposnya sejumlah titik pipa distribusi air bersih ke pelanggan. Sehingga membutuhkan pembiayaan untuk revitalisasi pipa,” ujar Boy sapaan akrabnya.

Sementara permasalahan internal yang dihadapi, lanjut dia, penggunaan sistem manual ditemukan terjadi banyak penyimpangan.

“Olehnya manajemen PDAM saat ini terapkan program inovatif menggunakan sistem mobile loket. Jadi, baik pengaduan gangguan maupun pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi ini,” terangnya.

Ia menambahkan, saat pelanggan membayar langsung connecting dilihat dari kantor.

Dan, telah dibentuk Tim Khusus untuk melakukan uji petik di lapangan menertibkan pelanggan dan petugas.

Pemaparan selanjutnya disampaikan Jufry Rorong, Kepala Bidang Promosi dan Iven dari Dinas Pariwisata.

Rorong menyampaikan agenda Pemilihan Putra-Putri Tomohon pada 12-15 April 2023, serta Tomohon International Flower Festival (TIFF) tanggal 08-12 Agustus 2023.

Dinas Pariwisata sedang kembangkan sejumlah objek wisata tersebar di Kota Tomohon penunjang perwujudan Tomohon Menuju Wisata Dunia.

Kota Tomohon kini hampir setiap minggu dikunjungi oleh turis mancanegara di lokasi wisata Gunung Mahawu.

Para turis amat tertarik melihat langsung keunikan satwa Burung Endemik khas Kota Tomohon.

“Tolong disampaikan ke masyarakat agar bersama-sama menjaga kelestarian alam dan pengembangan habitat burung endemik di Gunung Mahawu,” kata Rorong.

Disusul pemaparan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Karel Lala mengenai persiapan benih bunga Krisan untuk ekspor dan TIFF 2023.

“Dalam rangka persiapan TIFF dan eksport bunga Krisan, akan diproduksi 200-300 ribu tangkai hingga bulan Mei mendatang,” ungkap Lala.

Tujuan utama, kata dia, untuk menyukseskan dalam rangka TIFF dan ekspor bunga serta untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Bahkan, Kadis Lala menambahkan semua produksi bunga dari Tomohon, para Petani sendiri yang akan melakukan ekspor.

“Dalam rangka TIFF dan ekspor bunga, kami akan mempersiapkan 27 Kelompok Tani Bunga khusus varietas bunga Krisan,” pungkasnya.

Materi selanjutnya, disampaikan Kepala Dinas Kominfo Royke Roeroe, terkait berbagai terobosan program digital Diskominfo Tomohon termasuk pendataan Tomohon dalam angka.

“Kami telah persiapkan berbagai program digital untuk memudahkan pelayanan publik. Jadi, semua tersistem dengan baik untuk peningkatan kemajuan pembangunan di Kota Tomohon,” kata Roeroe.

Terakhir pemaparan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tomohon disampaikan Fanny Fransiska Rumondor, Sekretaris Dinas PPKB.

Rumondor menyampaikan secara detil program Dinas PPKB termasuk perumusan dan pelaksanaan kebijakan pengendalian penduduk, keluarga berencana, ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Kegiatan Konferensi Pers ditutup oleh Kabag Prokopim Sekda Christo Kalumata dengan menyebut kegiatan tersebut akan dilaksanakan tiga kali dalam sebulan.

“Kegiatan seperti ini akan dilaksanakan rutin 3 kali dalam sebulan, dengan menghadirkan beberapa SKPD secara bergantian,” pungkas Kalumata.(*jopa)