Salurkan Alat Tangkap Perikanan, Limi Mokodompit Warning Pengguna Bom Ikan

BOLMONG, mejahijau.com – Salurkan alat tangkap perikanan, penjabat Bupati Limi Mokodompit Warning keras pengguna bom ikan.

Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Limi Mokodompit, menyerahkan paket bantuan perikanan tangkap kepada puluhan nelayan di Kecamatan Lolak, Kamis (08/12/2022).

Penyerahan bantuan melalui Koperasi Nelayan yang sumber dananya dari Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus tahun anggaran 2022.

Penyerahan bantuan dihadiri Sekertaris Dinas Perikanan dan Kelautan Bolmong, Ketua HNSI Bolmong, Danramil Lolak, staf khusus bupati, serta nelayan penerima bantuan.

Penjabat Bupati Limi Mokodompit dalam sambutannya mengatakan, bantuan tersebut diharapkan memberikan nilai tambah kepada nelayan di Pantai utara (Pantura).

“Ini awal dari semangat kita. Awal berkah Tuhan yang memberikan sarana dan prasarana perikanan supaya nelayan di Pantura jauh lebih baik dari sebelumnya,” kata Limi Mokodompit disambut tepuk tangan para nelayan.

Dikatakan penjabat bupati, salah satu potensi negara Indonesia adalah laut. Selain itu, ada koperasi yang bersedia menjadi pendukung keberlangsungan mata pencaharian nelayan.

Dan koperasi nelayan diyakini mampu meningkatkan ekonomi nelayan disektor kelautan.

Olehnya, lanjut Penjabat Bupati Bolmong, kita harus punya koperasi yang dapat membawahi semua koperasi.

Supaya terogranisir dengan baik dan kedepan diharapkan dapat membantu pendapatan para nelayan.

Masih dikatakan Penjabat Bupati Bolmong, cita-cita kedepan bagaimana supaya nelayan bisa hidup makmur dan sejahtera sebagaimana dirasakan nelayan lainnya.

Selain itu, Penjabat Bupati Limi Mokodompit mengingatkan para nelayan untuk tak menangkap ikan dengan menggunakan bom ikan.

“Untuk mendapatkan ikan, baiknya dengan cara ramah lingkungan yang menjaga kelestarian laut,” pesannya.

Kita tidak menginginkan laut dicemari dan dirusak oleh bom. Terumbu karang dan hutan mangrove harus tetap dijaga. Jangan wariskan laut kepada anak cucu dalam keadaan rusak.

“Jangan menggunakan bom karena itu merusak laut dan matinya biota laut dan menyengsarakan anak cucu kita,” pesannya
Kepada para penyuluh perikanan.

Penjabat Bupati Bolmong meminta ada pengawasan terhadap pemanfaatan dan kepada kelompok penerima.

“Harapan saya, kedepan ada peningkatan ekonomi para penerima bantuan. Dan bantuan ini sekiranya dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Olehnya kata Bupati, Pemerintah berupaya  memberikan bantuan jaring dan lain-lain, agar bisa bermanfaat bagi nelayan.

“Berikan sanksi dan tegur jika bantuan disalahgunakan. Kita harus punya komitmen, kita sudah ada asosiasi, supaya hasil laut kita dapat dinikmati,” pungkas Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM.

Diketahui, perwakilan penerima bantuan perikanan diterima Kelompok Koperasi yang diketuai Rohaya Mamonto, dan Sekretaria Julfan Lasabuda, serta Bendahara Yodi Yakobus.(rafik)