oleh

Olly Terbang ke Jakarta ‘Dipanggil’ untuk Dilantik Menpan RB

MANADO, mejahijau.com – Olly Dondokambey dikabarkan berangkat ke Jakarta memenuhi panggilan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, Minggu (21/08/2022).

Keberangkatan Bendahara Umum PDIP ini disebut-sebut terkait pelantikan sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (MenPAN-RB).

Hampir pasti Olly terbang ke Jakarta ‘dipanggil untuk dilantik Menpan RB untuk mengisi kekosongan jabatan.

Kabarnya kekosongan Menpan RB bakal diisi Olly Dondokambey pasca meninggalnya Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya nama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) ini santer disebut-sebut kans kuat menduduki MenPAN-RB disamping Saiful Djarot dan Ganjar Pranowo.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, jabatan tersebut akan diisi oleh kader PDIP yang berprestasi.

“Pokoknya nama-nama kader PDIP yang berprestasi,” kata Hasto saat menemui awak media di pelataran Gelora Bung Karno, Minggu (21/08/2022).

Dia mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah memberikan usulan nama-nama kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

DITENTUKAN JOKOWI

Dari nama-nama tersebut, Presiden Jokowi nantinya akan menentukan salah satu nama yang diusulkan oleh Megawati.

Menurut Hasro, kursi jabatan MenPAN-RB merupakan ‘jatah’ PDIP. Meski begitu, PDIP hanya dapat memberikan usulan nama saja, keputusan akhir ada di tangan presiden.

“Kita ini kan taat asas, ada nama-nama yang disampaikan dan kemudian Presiden Jokowi yang mengambil keputusan atas nama yang disampaikan,” jelasnya.

Hasto menambahkan, saat ini pemerintah sedang memprioritas mengisi jabatan MenPAN-RB setelah wafatnya Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya, istana mengisyaratkan Jokowi akan melantik MenPAN-RB pengganti Almarhum Tjahjo Kumolo di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum akhir Agustus. Apalagi, Jokowi sudah mengantongi nama-nama kandidatnya.

Pasca kekosongan MenPAN-RB, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD ditunjukan sebagai pelaksana tugas (Plt) MenPAN-RB oleh Presiden Jokowi.

OLLY PALING BERPELUANG

Terkait isu hangat Olly Dondokambey bakal ditunjuk Menpan RB, hal itu dianggap wajar apalagi selama dua periode Jokowi Presiden tak ada menteri asal Provinsi Sulut.

“Wajar kalau Pak Olly ditunjuk menjabat MenPAN-RB, karena selama dua periode Presiden Jokowi tidak ada menteri asal Sulut,” ucap Amir Pontoh.(tim redaksi)