Gubernur Olly dan Ketua DPR RI Puan Maharani Hadiri Puncak HPN 2022

Advertorial239 Dilihat

GUBERNUR SULAWESI UTARA Olly Dondokambey mendampingi Ketua DPR-RI Puan Maharani memperingati Acara Hari Pers Nasional (HPN) 2022 secara Zoom di Ruang Rapat Gubernur Sulut.

Hajatan ini terbilang menarik dimana Presiden RI Joko Widodo membuka acara HPN dari Istana Kepresidenan Bogor, sedangkan puncak acaranya gelar di Kendari Sulawesi Tenggara.

Di hari Pers kali ini, ada luapan bahagia ketika Gubernur Olly Dondokambey meluangkan waktu sejenak dan mengajak Ketua DPR-RI Puan Maharani memberi kesempatan penyampaian keterangan persnya.

Di hadapan Insan Pers di lobby kantor Gubernur Sulut, Puan bersama Olly menyapa dengan penuh keakraban kepad segenap wartawan.

Selayaknyalah antara pemerintah dan pers ada sinergitas dalam pemberitaan yang akurat, menyebarkan kebaikan, pesan kebenaran, bukan menyebarkan kebencian atau hoax sehingga hubungan baik terus terjaga demi kepentingan masyarakat seutuhnya.

“Meski begitu, saya meminta seluruh insan pers untuk tetap bekerja menyampaikan informasi dan meningkatkan literasi dengan baik guna membangun optimisme dan membangun harapan sehingga masyarakat tetap tangguh menghadapi dampak Covid-19,” ungkap Presiden Joko Widodo di puncak perayaan HPN tahun 2022.

Sementara dalam keterangan persnya seusai mengikuti Puncak Acara HPN, Ketua DPR-RI Puan Maharani mengajak setiap insan pers bisa bekerja secara bergotong royong dalam menyajikan berita yang tepat dan akurat.

Lanjut Puan, “banjirnya” informasi tidak terkendali atau infodemi telah menyebar ke ruang-ruang publik lewat berbagai platform digital. Fenomena tersebut menurutnya menyebabkan, masyarakat banyak terpapar hoaks.

“Misalnya hoaks tentang vaksin. Pers mempunyai tugas penting meluruskan mis-informasi dan berbagai hoaks tersebut,” ajak Ketua DPR RI itu.

Puan mengatakan, tantangan jurnalis saat ini adalah untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang akurat. Dia menilai, jurnalisme harus hadir sebagai lembaga “clearing house” untuk memverifikasi isu-isu yang beredar di masyarakat.

“Saya apresiasi media telah melakukan verifikasi melalui ‘fact-cheking’ untuk meluruskan berita-berita bohong, terutama dalam penanganan COVID-19 dan vaksinasi,” katanya.

Puan berharap, pers tidak melupakan kewajiban untuk mengedukasi masyarakat terutama karena pers merupakan pilar keempat dalam demokrasi.

Karena itu menurut dia, fungsi pers untuk mendidik masyarakat dengan meluruskan isu-isu hoaks juga berjalan dalam bidang lainnya, untuk mencegah “infodemi” lainnya.

Usai mengikuti peringatan HPN 2022 secara Virtual, ibu Puan bersama Gubernur Olly, Sekdaprov Asiano Gamy Kawatu, Kadis Kominfo Evans Steven Liow dan sejumlah pejabat Pemprov, melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi anak di ruang Mapalus kantor Pemprov Sulut.

Kata Puan kepada pers usai tinjau pelaksanaan vaksinasi anak, agenda selama berada di Sulut di antaranya melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi anak, melayat ke rumah duka atas waftanya ibu dari dr Devi Tanos, istri Wagub Sulut Steven Kandouw.

Kemudian kata Puan menghadiri pertemuan internal dengan pengurus PDIP serta melakukan peletakan batu pertama patung Soekarno di Pulau Lembeh Bitung.(Adve/Dinas Kominfo Sulut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *