oleh

Menakar Kompetensi ASN Pemkot Tomohon, Digelar Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah

TOMOHON, mejahijau.com – Sekot Tomohon Edwin Roring membuka Ujian Dinas Tingkat I, II dan Ujian Penyesuaian Ijazah lingkup ASN Pemkot Tomohon, Kamis (28/07/2021).

Pelaksanaan ujian bertujuan untuk menakar kompetensi PNS Pemkot Tomohon digelar di Gedung CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Tomohon.

Adapun peserta ujian Dinas Tingkat I diikuti 21 orang, ujian Dinas Tingkat II sebanyak 14 orang, dan ujian Penyesuaian Ijazah hanya 3 orang.

Sementara itu, Sekdakot Roring membaca sambutan Wali Kota Tomohon menegaskan, kenaikan pangkat salah satu cara meningkatkan prestasi dan pengabdian PNS.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2002, tentang kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Disebutkan bahwa kenaikan pangkat bukanlah hak, namun penghargaan oleh pejabat berwenang karena prestasi yang diperoleh PNS sesuai  peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Agar kenaikan pangkat dapat dirasakan sebagai penghargaan, maka kenaikan pangkat diberikan secara adil sesuai mekanisme berdasarkan asas kompetensi.

PNS DIBEKALI KEMAMPUAN MANAJERIAL

Terkait hal tersebut, Pemkot Tomohon melalui BKPSDMD Kota Tomohon melaksanakan ujian dinas tingkat I, II, serta ujian penyesuaian ijasah.

Pelaksanaan ujian untuk memfasilitasi PNS dalam pengembangan karir dari golongan II/d ke golongan III/a, golongan III/d ke golongan IV/a serta penyesuaian ijasah.

“Ujian ini jadi bekal kemampuan saudara-saudara. Bahannya tersaji dalam bentuk soal yang akan diuji. Saudara-saudara akan diukur kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosio-kultural,” kata Roring.

Kata dia, semua bertujuan untuk menakar kompetensi serta kemampuan PNS dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai pangkat dan golongannya.

“Saya berharap saudara-saudara mengikuti kegiatan ini dengan baik. Sehingga kedepan PNS kita semakin berkualitas sesuai kompetensi masing-masing,” jelasnya.

Lanjut ditegaskan, jangan pernah berpikir bahwa ujian ini hanya formalitas untuk kelengkapan kenaikan pangkat saja.

“Tetapi saya akan evaluasi hasil kerja saudara dengan meminta laporan masing-masing peserta dari panitia pelaksana. Hal itu sebagai bahan pertimbangan dalam pengajuan kenaikan pangkat,” pungkasnya.

Ujian disaksikan oleh Plt Kepala BKPSDMD Kota Tomohon Albert Tulus, dan Sekretaris BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung.(*jopa)