oleh

Manajemen Akui Bank SulutGo Bobol, Pernyataan Revino Pepah Picu Kepanikan Nasabah

MANADO, mejahijau.com – Pernyataan Direktur Utama (Dirut) PT Bank Sulawesi Utara Gorontalo (Bank SulutGo) Revino Pepah mengundang prihatin di kalangan nasabah. Pengakuanbahwa benar bank SulutGo mengalami kebobolan, justru semakin memicu kepanikan para nasabah bank yang mengusung jargon ‘torang pe bank‘.

Barangkali Dirut Bank SulutGo berusaha meluruskan permasalahan, namun manajemen Bank SulutGo akui bobol lewat pernyataan Dirut Revino Pepah justru picu kepanikan nasabah.

Lewat unggahan video yang dipetik dari media sosial, Selasa (05/07/2022), Revino Pepah membenarkan bank yang dipimpinnya bobol.

“Pernyataan pak dirut justru membuat kami cemas. Kami kuatir uang simpanan hilang, apalagi beliau mengaku bank SulutGo bobol. Kalau bobol, ini pertanda buruk, bahwa Bank SulutGo tidak aman,” tutur nasabah wanita yang mengantri di gerai ATM Pemkot Manado, Jumat (08/07/2022).

Pernyataan Dirut Bank SulutGo Revino Pepah, kata dia, menebar ketakutan. Tetapi bagi dirinya sebagai nasabah, dia tak mau tau dan tidak suka dengar kata bobol di bank tempatnya bertransaksi.

“Saya tidak mau tau . Yang saya tau, duit saya tidak hilang. Tetapi kalau ternyata tidak aman seperti ini, saya pasti berpikir pindah bank. Itu saja!,” tandasnya sembari masuk ke gerai ATM bertepatan gilirannya.

Harapan nasabah Bank SulutGo lainnya ternyata sama. Mereka hanya mengharapkan simpanan di bank daerah ini aman-aman saja.

Terkait duit-duit yang raib dari rekening nasabah, manajemen Bank SulutGo mengklaim itu karena skimming atau kejahatan perbankan. Yakni kejahatan menduplikasi PIN nasabah dengan cara memasang alat yang disebut skimmer.

Menurut Dirut Bank SulutGo, pihaknya telah melakukan investigasi penyebab ketidaknyamanan tersebut. Hasil temuan memang ada kejadian yang cukup luar biasa. Dan ini benar-benar kejahatan perbankan atau skimming.

Dijelaskan Revino, skimming adalah tindak kejahatan berupa pencurian informasi pengguna ATM. Rekening nasabah dibobol dengan cara duplikasi PIN nasabah dengan memasang alat yang disebut skimmer di mesin ATM.

Ia berharap nasabah Bank SulutGo menanggapi secara bijak kejadian yang terjadi.

“Kami berharap nasabah bijak dan tidak mudah terprovokasi isu-isu yang beredar,” kunci Revino Pepah.(tim redaksi)