oleh

Nasabah Panik, Ternyata Simpan Duit di Bank SulutGo Tidak Aman

MANADO, mejahijau.com – Nasabah di PT Bank SulutGo didera panik. Siapa tidak panik kalau uang simpanannya raib dari bank.

Bank SulutGo adalah bank daerah plat merah milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Sayangnya, bank ini terindikasi tak lagi aman untuk masyarakat menyimpan uang. Padahal para nasabah berharap jaminan keamanan atas uang simpanannya.

Penegasan itu diungkapkan Ketua LSM Inakor Sulawesi Utara (Sulut) Rolly Wenas kepada sejumlah wartawan di Manado, Kamis, 30 Juni 2022.

Kata dia, kalau mau aman sebaiknya jangan lagi transaksi dengan bank yang tidak mampu memberi jaminan uang masyarakat aman.

“Saya dengar ada kasus duit nasabah yang hilang dari Bank SulutGo. Kalau hilang dari rekening, berarti ada maling di sana. Maka pilihlah bank yang dapat memberi rasa aman uang-uang nasabah,” ungkap Rolly Wenas menyoroti berita soal belasan juta uang nasabah lenyap misterius dari rekening.

Tambah Pria berkumis ini, kasihan rakyat sudah capek-capek bekerja dan berusaha sisihkan untuk simpanan, namun gampang dicuri orang, “Itu kan tidak bagus”.

“Kalau ternyata benar ada maling di Bank SulutGo, berarti uang masyarakat tidak aman di sana. Maka saya menghimbau kepada masyarakat sebaiknya cari bank lain yang lebih aman,” sergahnya.

Menyusul berita viral seorang nasabah Bank SulutGo panik, puluhan juta simpanannya ditarik orang tak dikenal. Kabarnya penarikan dilakukan dari PT Bank SulutG0 Calaca, Kota Manado.

Kepada wartawan pada hari Kamis, 30 Juni 2022, Epi salah satu nasabah hendak tarik uang dari anjungan ATM Suzuki Malalayang.

Sepengetahuan Epi, uang tersimpan di rekeningnya Rp14.700.000. Kemudian ia berencana tarik tunai Rp1 juta. Betapa kagetnya nasabah PT Bank SulutGo ini, karena struk ATM tertera saldonya tersisa Rp90.912.

Kasus yang menimpah Epi, kayaknya berlangsung sistemik. Dikaitkan beberapa saat kemudian, ia sudah diburu dua pegawai PT Bank SulutGo yang memintanya via telpon jika ada masalah.

Rupa-rupanya, dua pegawai itu sudah tahu masalah yang sedang menimpa nasabah ini. Kemudian Epi putuskan menghadap Customer Service (CS) di Bank SulutGo Bahu tempat pertama ia buka rekeningnya.

Epi meminta print-out rekening koran, tetapi sempat ditolak oleh karyawan bank tersebut. Setelah diungkapkan hanya untuk cek transaksi penarikan, akhirnya permintaannya dikabulkan.

Mata Epi kemudian terbelalak antara percaya dan tidak. Dia temukan dua kali tranksasi tranfer uang dari rekeningnya, masing-masing Rp10 juta dan Rp3,5 juta, totalnya seluruhnya Rp13.500.000.

Beredarnya informasi uang nasabah hilang, Ella yang juga nasabah langsung menuju ke kantor Bank SulutGo di depan zero poin Manado.

Batinnya tak tenang selama perjalanan, kecurigaannya terbukti benar. Uang tabungan sebesar Rp9 juta-an miliknya, juga lenyap dari rekening bank tersebut.

“Saya baru cek setelah dapat info ada nasabah yang uangnya hilang. Ternyata feeling saya benar. Uang saya hilang Rp9,4 juta,” ungkap Ella.

Mengutip dari laman fakta88.com, Kepala Cabang Bank SulutGo Calaca, Risy Tumiwa mengatakan, kalau bisa nasabah yang menjadi korban datang ke Bank SulutGo Calaca dan membuat aduan.

“Kalo bisa nasabah ybs utk dtg ke BSG Calaca dan buat pengaduan, agar dpt diproses lanjut utk investigasi,” jawab Risy Tumiwa via WhatsApp agar kasus diproses lanjut untuk investigasi.

Direktur Utama PT Bank SulutGo, Revino M Pepah dikonfirmasi benarkan adanya kasus tersebut namun sudah dalam penanganan pihaknya.

“Sudah ditangani dan akan diselesaikan,” singkatnya. (tim redaksi)