oleh

Dari Tukang Antar Surat, Kini Dikukuhkan Ketua Pengadilan Negeri Manado

MANADO, mejahijau.com – Hakim Muhammad Alfi Sahrin Usup SH MH kini resmi menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manado.

Ia didaulat jadi orang nomor 1 di Pengadilan Negeri Manado melalui sidang luar biasa pengambilan sumpah dan pelantikan di aula gedung kantor Pengadilan Tinggi Manado, di kompleks Pengadilan Terpadu, Mapanget-Koka, Jumat, 25 Februari 2022.

Alfi Usup dilantik Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Dr H Lexsy Mamonto SH MH untuk menggantikan Djamaluddin Ismail yang dipromosi sebagai Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi (PT) Manado.

Usai dirinya dikukuhkan, Hakim Alfi Usup mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Terima kasih, saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan wartawan, pimpinan kehakiman dan teman-teman hakim, serta semua pihak yang telah mendoakan saya,” ucap putra mendiang Guru Besar Prof DR Hunggu Tajudin Usup.

Sebelumnya kepada redaksi mejahijau.com, Hakim Alfi Usup sempat mengisahkan perjalan memulai karirnya dari bawah hingga kemudian dirinya menjadi hakim.

Hakim Alfi Usup SH MH dikukuhkan menjabat Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manado.

“Awal tugas saya adalah antar-antar surat. Sebagai pegawai negeri kehakiman, tugas itu tekuni sekian lama,” ungkap Alfi mengisahkan.

Nasib berkata lain, ketika ada pengumuman penerimaan calon hakim, maka saat itu dia-pun coba ikut peruntungan. Alfi persiapkan diri. Merampungkan berkas, dan dia ikut mendaftar calon hakim. Waktu-waktu menanti jadwal seleksi, ia tekun belajar. Semua referensi hukum dan kehakiman serta referensi pendukung lainnya dilahap. Hingga tiba jadwal seleksi, dia tekuni dengan sungguh-sungguh.

Alhasil, saat pengumuman tiba,- ternyata Alfi salah satu yang lulus sebagai calon hakim di Indonesia. Selama masa calon hakim, semua peserta ditempah berbagai disiplin ilmu. Baik ilmu sosial, hukum, kehakiman, moral, mental dan banyak lagi pembinaan dijalaninya.

“Saya tidak pernah terpikir akan jadi hakim. Tetapi karena kemauann saya jadi hakim, maka tugas ini adalah amanah yang harus saya laksanakan sesuai tupoksi,” katanya.

Setelah dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Manado, Hakim Alfi Usup bertekad menjaga kepercayaan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia.

“Alhamdulillah, Puji Tuhan. Kami (PN Manado) tahun ini di posisi A-Excelent, dan status itu akan terus dipertahankan,” ujarnya.

Untuk mempertahankan akreditasi tersebut, kata dia, tentunya perlu memenuhi target-target pencapaian.

“Ada beberapa capaian yang ingin kami kejar, seperti nilai tertinggi penyelesaian perkara, nilai kinerja kepatuhan, kesesuaian, baik kelengkapan, dan WBK. Kami akan berusaha memenuhi semua itu,” pungkasnya.(*/tim redaksi)