Linu : Pastikan Pantarlih Kerja Sesuai Regulasi, Jika ada Inprosedural Wajib Kita Layangkan Saran Perbaikan

Manado12 Dilihat

Manado, Mejahijau.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) gelar Rapat Koordinasi Evaluasi pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2024 bersama Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulut, via zoom meeting, Minggu (7/7).

Koordinator Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Sulut Steffen Linu yang memimpin jalannya rapat saat itu menyampaikan, evaluasi ini penting sebagai ukuran kinerja jajaran Pengawas Pemilu pada sub tahapan coklit yang sedang berlangsung pada minggu ke-2 (1 s/d 7 Juli).

“Biar kita punya rekapan poin evaluasi pengawasan coklit setiap minggu berjalan. Ini juga penting sebagai ukuran kinerja pengawasan kita,” tutur Linu.

Rapat tersebut membahas terkait sejumlah persoalan yang ditemui jajaran pengawas Pemilu di lapangan, dan dimasukan dalam daftar inventarisir masalah (DIM). Selain itu mereka juga membahas arahan Bawaslu RI tentang pelaksanaan Patroli Kawal Hak Pilih.

Linu mengingatkan agar Pengawas Pemilu memastikan pelaksanaan coklit sesuai prosedur yang telah diatur. Jika ada prosedur yang dilanggar oleh petugas Pantarlih, perlu diingatkan melalui saran perbaikan.

“Pastikan Pantarlih kerja sesuai regulasi. Jika ada inprosedural maka wajib kita layangkan saran perbaikan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, dia kembali mengingatkan agar setiap aktivitas pengawasan direkam dalam Laporan Hasil Pengawasan (LHP) dan dilaporkan secara berjenjang, baik dari tingkat adhoc hingga provinsi.

Terakhir Linu menyentil terkait kerja Humas. Menurutnya, pengelolaan media sosial kehumasan perlu dioptimalkan lagi oleh Bawaslu Kabupaten/Kota hingga adhoc. Sehingga transparansi informasi terkait kerja pengawasan yang dilakukan tersampaikan ke publik, kata Koordinator Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Sulut.

Hadir melalui zoom meeting, Kepala Bagian Pengawasan dan Humas, Anggray Sari Mokoginta, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) serta staf Divisi Pencegahan dan Humas Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulut.

(**CK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *