Kontrak Jokowi di PDIP Tak Diperpanjang Megawati

MANADO, mejahijau.com – Kontrak politik Joko Widodo (Jokowi) di PDIP tak diperpanjang Megawati. Fenomena itu terbaca pasca Pilpres 2024 dimenangkan Prabowo-Gibran.

Banyak menduga usai hajatan politik itu hubungan Jokowi dengan PDIP dipastikan game-over. Menyusul sikap Ketua Umum PDIP Megawati bakal tak mengundang Jokowi di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke V pada 24-26 Mei 2024 di Ancol, Jakarta Utara (Jakut).

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menilai, keputusan PDIP tak mengundang Jokowi di Rakernas V pertanda hubungan Presiden Jokowi dengan PDIP sudah selesai.

BERITA TERKAIT: Jokowi-Megawati ‘Retak’, Kaesang Memilih Siap Maju Capres

“Ini penegasan bahwa relasi Presiden Jokowi-PDIP sudah selesai alias the end,” kata Agung kepada wartawan, Sabtu (18/5/2024).

Agung menyebut dua kader PDIP yang merupakan keluarga Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution bahkan sudah tak dianggap kader PDIP lagi.

“Apalagi sebelumnya sudah ada arahan bahwa keanggotaan Presiden Jokowi, Gibran, dan Bobby sudah gugur,” ungkap Agung.

Tak diundangnya Jokowi di Rakernas V, kata dia, menjadi sinyal bahwa PDIP akan mengambil posisi di luar pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Ini juga bisa memperkuat persepsi publik bahwa kemungkinan besar PDIP akan memilih berada di luar pemerintahan ketika Prabowo-Gibran memimpin,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya memutuskan tidak mengundang Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Alasannya, Jokowi dan Ma’ruf Amin sedang sibuk dan tengah menyibukkan diri.

“Yang jelas, presiden dan wakil presiden tidak diundang. Kenapa, karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri,” kata Djarot saat konferensi pers persiapan Rakernas V PDIP di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (16/05/2024).

Djarot menyebut Rakernas hanya dihadiri kader internal PDIP. Dan semua peserta Rakernas V PDIP merupakan kader PDIP tanpa ada dari eksternal.

“Jadi ini hanya internal PDIP, pesertanya internal PDIP,” pungkasnya.(/*tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *