Wakil Gubernur, Kapolda dan Pangdam Kunjungi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Manado45 Dilihat

MANADO, mejahijau.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, bersama Kapolda Irjen Pol Yudhiawan dan Pangdam XIII/Merdeka mengunjungi warga Sitaro yang terdampak erupsi Gunung Ruang, di Tagulandang, Selasa (23/4/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka memberikan bantuan sosial sekaligus mengecek langsung kondisi warga pasca erupsi Gunung Ruang beberapa waktu lalu.

“Menurut laporan, penanganan sangat baik, koordinasi antara stakeholder, antara Pemda, TNI, Polri, BNPB dan Basarnas semua berjalan dengan baik,” ujar Wagub Kandouw.

Distribusi bantuan juga tercukupi dan tersalur dengan baik, lanjutnya.

Sementara itu Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan mengatakan, personel Polri yang turun di lokasi terdampak bencana sebanyak 128 personel.

“Polda Sulut bergerak cepat melakukan evakuasi dan penanganan terhadap warga terdampak bencana. 

Kita menurunkan sebanyak 128 personil Polri, terdiri dari Brimob, Polairud dan Dokkes serta personel Polres Kepulauan Sitaro. 

Kita juga siagakan pasukan di Polda Sulut jika sewaktu-waktu dibutuhkan, siap diberangkatkan,” katanya.

Pasukan yang ada di lokasi bencana, juga sudah melakukan berbagai kegiatan membantu membersihkan lokasi-lokasi strategis seperti pelabuhan, jalan dan rumah sakit dari dampak material abu vulkanik. Juga membantu menyalurkan bantuan sosial serta pengobatan gratis.

Selain Pemprov dan instansi lainnya, Polda Sulut juga katanya telah mengirimkan bantuan sosial berupa sembako kepada warga terdampak bencana.

“Kita sudah mengirimkan bantuan logistik, total ada 3,5 ton beras, 200 dus mie instan, 250 baki telur, 150 dus ikan kaleng dan 300 dus air mineral, termasuk mengirimkan mobil water treatment,” ucap Kapolda.

Hingga saat ini personel Polri bersama instansi terkait lainnya terus bahu membahu melakukan bakti sosial di lokasi terdampak bencana.

Turut dalam kunjungan tersebut, Ketua Bhayangkari Sulut Ny. Yunita Yudhiawan, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Bahagia Dachi dan sejumlah pejabat utama Polda Sulut.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *