Wenny Lumentut Unggul dari 10 Besar Calon Walikota Tomohon

MANADO, mejahijau.com – Lembaga Analisa Data Indonesia merilis nama-nama Calon Walikota Tomohon yang mendapat respon dari masyarakat kota tersebut.

Survei dilakukan dari tanggal 15 Maret sampai 23 Maret 2024 menghasilkan Calon-Calon Wali Kota Tomohon kekinian.

Nama-nama tersebut, antaranya Wenny Lumentut, Priscilia Waworuntu, Caroll Senduk, Syerly Sompotan, Michael Mait, Vonny Pangemanan, Rhesa Waworuntu, Miky Wenur, Vonny Paat, Maria Polii.

Hasil survei Calon Walikota Tomohon 2024. (sumber – Lembaga Analisa Data Indonesia).

“Bakal calon Walikota Tomohon yang muncul itu tidak ditawarkan, melainkan diungkapkan oleh responden di lapangan,” terang Irsyad DS, Direktur Analisis dari Lembaga Analisa Data Indonesia, Senin, (25/03/2024).

Lanjut dikatakan, survei menetapkan margin error 3,9 persen dengan metodologi multy stage sampling random atau acak bertingkat kewilayahan.

Diuraikannya, survei menyasar gender laki-laki dan perempuan fifty-fifty antara usia 17-35 tahun sebanyak 67 persen, dan sisanya 33 persen menyasar usia 36 tahun ke atas.

Cakupan wilayah survei Lembaga Analisa Data Indonesia dilakukan semua wilayah dari 5 kecamatan se Kota Tomohon.

Survei menggunakan teknik pengambilan sampling face to face mendatangi langsung kediaman responden kemudian menyodorkan questioner untuk mendapatkan respon dari masyarakat.

Irsyad menjelaskan, respon masyarakat signifikan terhadap sosok Wenny Lumentut dengan 21,8 persen, itu tidak mengherankan.

“Hasil survei kali ini menandakan Wenny Lumentut digandrungi oleh masyarakat Tomohon. Cukup dikenal sebagai mantan anggota DPRD Sulut dan mantan Wakil Wali Kota Tomohon. Jadi faktor-faktor itu barangkali yang menunjang sehingga bersangkutan mendapat respon bagus,” jelas Irsyad DS.

Kemudian respon bagus kepada Priscilia Waworuntu 19,4 persen ditunjang oleh dahsyatnya Prabowo efek yang masih hangat di benak masyarakat.

Selama masa kampanye Pilpres, istri Simon Mantiri ini terbilang populer di masyarakat. Dia membagi-bagi kaos gemoy dalam jumlah banyak di berbagai tempat. Priscilia juga menggelar iven goyang gemoy yang menyedot perhatian ribuan warga Tomohon.

“Ibu Priscilia Waworuntu diuntungkan oleh Prabowo Efek. Masyarakat yang gandrung kepada Prabowo, sepertinya menjalar ke Ibu Priscilia Waworuntu,” ungkapnya.

Sementara latar belakang Caroll Senduk yang masih menjabat walikota juga mendapat respon positif untuk memimpin Kota Tomohon kedua kalinya.

Perolehan 17,2 persen yang berpihak kepada suami Jean d’Arch Karundeng ini dipastikan menjadi perhitungan tersendiri.

Meski Pemilihan Legislatif baru-baru ini tak meraih suara memuaskan, namun Syerly Adeline Sompotan juga masih mendapat dukungan masyarakat.

Dengan perolehan 13,7 persen membuat mantan Wakil Walikota ini berpeluang menjadi orang nomor 1 di Kota Tomohon.

Lebih lanjut Michael Mait yang meraih dukungan 9,3 persen, menunjukkan kalau Tomohon berjuluk kota reliji terbilang masih kental.

Diketahui Penatua Michael Mait dua kali terpilih Ketua Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM, dan terakhir periode 2022 -2027.

Selain 5 nama tersebut, masyarakat juga menyebut tokoh-tokoh ini kans Walikota Tomohon, antaranya Vonny Pangemanan (7,6%), Resha Waworuntu (5,9%), Miky Wenur (3,2%), Vonny Paat (1,2%), Maria Polii (0,7%).

Menurut Isyad DS, surveyor kedepan bakal menyerap seluruh perangkat untuk survei secara menyeluruh dengan cakupan yang lebih luas dengan responden yang lebih signifikan lagi.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *