HEBOH, Jokowi Ketemu Olly, Mendadak Sirekap Tidak Update. Ada apa yaa?

MANADO, mejahijau.com – Perhitungan suara aplikasi Sirekap (sistem informasi rekapitulasi) yang dikelola KPU (Komisioner Pemilihan Umum) mendadak tidak update, Kamis, (22/02/2024), malam.

Tidak update-nya situs Sirekap nyaris bersamaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginjakan kaki di Kota Manado dalam agenda peresmian Bendungan Lolak, Jumat besoknya.

Di Kota Manado, Presiden Jokowi nangkring di pusat perbelanjaan modern pertama Kota Manado, Megamall.

Kehadiran Jokowi tak disangka-sangka itu, sontak memantik antusias warga yang berada di kawasan itu.

Di Megamall Jokowi didampingi Erick Thohir, Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Segenap warga yang berada di kawasan pusat belanja modern itu spontan langsung menyerbu berebut ingin ketemu dengan Presiden RI yang dicintai masyarakat itu.

Menariknya, kedatangan Jokowi ke Kota Manado bersamaan tidak update-nya situs Sirekap yang di kelola KPU.

Penelusuran redaksi mejahijau.com, situs Sirekap terakhir tampil dengan hasil rekapannya pada hari Kamis malam, Pukul 23.01.05.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, Sirekap yang belum menyajikan data mutahir Pemilu 2024 lantaran sedang dalam proses sinkronisasi.

“Kenapa nggak ditayangkan perkembangannya? Karena masih ada yang belum sinkron. Yang belum sinkron menunda dulu dan melanjutkan bagi yang sudah sinkron,” kata Hasyim Asy’ari di kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (23/02/2024).

Hasyim mengatakan, sinkronisasi itu dilakukan untuk menyamakan antara tampilan di situs resmi KPU dengan formulir C hasil plano.

Dijelaskan Hasyim, sinkronisasi tersebut dilakukan untuk menyamakan tampilan di laman resmi KPU dengan formulir C hasil plano yang saat ini sedang berlangsung rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Foto formulir C hasil plano tetap diunggah ke Sirekap. Hal itu, kata dia, sebagai bentuk transparansi KPU kepada publik.

“Jadi publikasinya itu bisa jadi bertahap berdasarkan hasil kembang koreksi. Kalau tidak kita koreksi dulu, nanti kita tampilkan di konferensi pers berikutnya,” pungkasnys.

Hingga berita ini diturunkan. Sabtu, (24/02/2024) pukul 16.30 WITA, situs Sirekap masih tetap tidak update.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *