Irjen Setyo Budiyanto Serahkan Pataka Polda Sulut, Ini Harapan Irjen Yudhiawan

MANADO, mejahijau.com – Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar upacara Serah Terima Pataka Maesa’an Waya, di halaman Mapolda Sulut, Rabu, (10/01/2024) pagi.

Kegiatan ini rangkaian dari serah terima jabatan Kapolda Sulut yang baru Irjen Yudhiawan Wibisono dari pejabat lama Irjen Setyo Budiyanto.

Kegiatan juga dihadiri oleh dua pejabat yang telah melaksanakan serah terima jabatan, yakni Wakapolda Sulut Irjen Jan de Fretes, para PJU Polda, Kapolresta dan Kapolres jajaran, seluruh personel Polda Sulut dan Bhayangkari.

Sambutan Irjen Setyo Budiyanto mengapresiasi kepada seluruh personel Polda Sulut dan jajaran yang sudah membantu memberikan dukungan dan loyalitas dalam pelaksanaan tugas.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan, partisipasi dan kerja sama sehingga seluruh pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik. Banyak prestasi, banyak kegiatan rutin yang bisa dilaksanakan dengan maksimal. Itu bisa terlaksana karena dukungan semua anggota. Soliditas dan solidaritas paling penting untuk membangun organisasi,” katanya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan selama pelaksanaan tugas apabila ada hal yang kurang berkenan serta kekhilafan.

“Saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh anggota,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Sulut yang baru, Irjen Yudhiawan yang baru dilantik Kapolri Kamis, (04/01/2024) di Jakarta menyampaikan terima kasih atas penyambutan terhadap dirinya.

“Saya berharap, kiranya saya dan keluarga dapat diterima oleh seluruh keluarga besar Polda Sulut dan masyarakat Sulawesi Utara, untuk selanjutnya secara bersama dan bersinergi dengan semua komponen yang ada dalam melaksanakan tugas pengabdian untuk menjaga kamtibmas di daerah ini,” katanya.

Terkait penegakan supremasi hukum, hak asasi manusia dan demokratisasi, ia menegaskan polisi tidak boleh salah bertindak.

“Untuk memenuhi tuntutan tersebut, maka kita harus lebih proaktif, berpikir maju, bergerak cepat, bertindak tepat dan terukur secara profesional, proporsional dan humanis,” kata Irjen Yudhiawan.

Ukuran keberhasilan tugas Polri, kata dia, apabila masyarakat merasakan suasana aman, bebas dari rasa takut dan kekhawatiran dalam kegiatan mereka sehari-hari.

Ia juga bertekad akan melanjutkan semua program kebijakan dan strategi yang telah dirintis oleh pejabat lama.

“Untuk itu, segenap personel jajaran Polda Sulut untuk berusaha semaksimal mungkin berbuat yang terbaik. Saya tidak dapat bekerja sendiri dalam mewujudkannya, tanpa kerjasama yang baik serta dukungan seluruh personel. Saya mengajak kita semua untuk senantiasa menunjukan dedikasi, loyalitas, disiplin dan semangat kerja yang tinggi, serta berupaya memacu kreatifitas dan inovasi dengan membuat terobosan-terobosan positif dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian kita,” paparnya.

Sebelum pelaksanaan kegiatan serah terima pataka, dilaksanakan penyambutan Kapolda Sulut yang baru diawali penyambutan oleh Wakapolda Sulut bersama isteri.

Kemudian dilakukan pengalungan dan pemberian bunga oleh Polisi Cilik, jajar hormat, penjemputan Tarian Kabasaran oleh anggota Polri, nyanyian oleh Tim Hadrah Polda Sulut dan penyambutan oleh seluruh PJU dan para Kapolres dan Kapolresta bersama jajaannya.(*/maikel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *