Hujan Deras Potensi Bencana, Status Sangihe Siaga Darurat

TAHUNA, mejahijau.com – Hujan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Minggu, (21/01/2024), mengakibatkan beberapa wilayah terdampak banjir.

Kampung-kampung terdampak banjir antaranya, Laine Kecamatan Manganitu Selatan, Kampung Pintareng Kecamatan Tabukan Selatan Tengara.

Air merendam Lendongan Satu sepanjang ruas jalan Salurang, Pintareng, Dalokaweng, dan ruas jalan Pintareng-Tumalede.

Informasi yang berhasil dihimpun dari Alce Lahonda, Kapitalaung Kampung Laine, hujan deras yang terjadi dari hari Sabtu hingga Minggu, air sudah mulai naik dengan ketinggian 80 sampai 100 sentimener.

Pemerintah Kampung Laine dibantu aparat TNI dan Polri telah mengarahkan warga terlebih lansia dan warga yang sakit untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sangihe, Wandu Labesi mengatakan, pihaknya saat ini sementara berkoordinasi dengan pemerintah kampung dan kecamatan yang terdampak banjir.

Tim dari BPBD bahkan sedang bersiap-siap terjun ke lokasi bencana kendati curah hujan terbilang masih tinggi.

Kondisi cuaca ekstrim mengharuskan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe menetapkan status siaga darurat di semua wilayah sejak hari Jumat, (19/01/2024.

“Malam ini kami akan melakukan rapat koordinasi dengan Tim Reaksi Cepat Pemkab Sangihe yang akan dipimpin Pak Sekda,” kata Wandu Labesi.

Menurutnya, upaya intervensi di beberapa kecamatan yang terdampak bencana banjir akan dilakukan sekaligus membicarakan penetapan status tanggap bencana.(gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *