Panglima Masyarakat Adat Minahasa Ini Sebut Jerry Sambuaga Paling Potensial Kembali ke DPR-RI

BITUNG, mejahijau.com – Panglima Besar Brigade Waraney Malesung Sulawesi Utara (Sulut), Tommy Rondonuwu mengaku bangga juga kagum kiprah Jerry Sambuaga di lingkup pemerintahan Indonesia.

Pria asal Kota Bitung ini menilai Jerry Sambuaga cukup berjasa mengangkat nama baik Sulawesi Utara (Sulut) lewat prestasi kerjanya.

Tiga kali pergantian menteri perdagangan, kinerja Jerry sambuaga sebagai wakil menteri perdagangan (Wamendag) tetap ciamik.

Ia juga sukses menyelesaikan puluhan perjanjian dagang internasional lebih cepat dari waktu yang diberikan Presiden Jokowi.

“Jerry juga berhasil membawa neraca perdagangan Indonesia surplus selama 41 bulan berturut-turut,” kagum Tommy saat ditemui di Kota Bitung, Jumat, (08/12/2023).

Tommy mengaku wajar kalau performa maksimal Jerry Sambuaga di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin yang luar biasa itu terangkat di media-media nasional.

“Kebetulan pula Jerry pernah mampir ke rumah saya saat kunjungan ke Sulut. Kami berdikusi banyak, jadi tahu kapasitas dan kemampuannya. Walau pintar dan berprestasi, ia tetap rendah hati. Ia ramah kepada semua orang,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi upaya mantan fungsionaris DPP KNPI itu menghadirkan pasar tradisional yang representatif di berbagai wilayah Sulut.

Salah satunya pengadaan Pasar Tematik Bunaken di Kelurahan Tongkaina dengan alokasi anggaran Rp75 miliar.
“Pak Jerry Sambuaga juga membawa hampir Rp100 miliar untuk perbaikan dan revitalisasi pasar tradisional. Termasuk juga menghadirkan puluhan gerobak buat pedagang kecil dan menengah di Kota Bitung,” ucap Pangbes, sapaan akrab Tommy Rondonowu.

Karenanya, pria yang membacakan deklarasi damai dua kelompok di Kota Bitung baru-baru ini mengaku gembira saat tahu Ketua DPP Golkar dan Ketua Umum DPP AMPI itu kembali maju DPR RI dari Dapil Sulut.

“Melalui Pak Jerry Sambuaga, Sulut punya figur berkualitas di DPR RI nanti. Sebagaimana ia sukses di eksekutif, begitu pula ia akan berhasil menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat di legislatif nanti. Ia aset daerah Sulut yang berharga di pemerintahan pusat. Jerry jaminan mutu, pas kalau beliau kembali ke DPR RI,” katanya.

Tokoh masyarakat adat Minahasa yang cukup disegani ini optimis doktor termuda ilmu politik dari Universitas Indonesia (UI) itu bisa mengemban amanah masyarakat Sulut dengan baik.

“Selain pintar dan profesional, ia juga figur bersih. Itu sebabnya ia menuai sokongan dari masyarakat Bitung dan kabupaten/kota lainnya di Sulut,” sebutnya.

Diketahui Jerry kembali dicalonkan Golkar dari Dapil Sulut. Untuk calon DPR RI, politisi muda dengan rekam jejak gemilang itu mendapat nomor urut 2 dari partainya.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *