Pemkab Sangihe Terima Penghargaan Swasti Saba Tahun 2023

TAHUNA, mejahijau.com Pemkab Sangihe bersama stakeholder lintas sektor terus berupaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Upaya keras tersebut berbuah manis dengan diraihnya penghargaan Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI karena dinilai berhasil melaksanakan program kabupaten sehat.

Penghargaan diterima langsung Penjabat Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan yang didampingi Ketua Forum KKS Sangihe.

Acara penganugerahan penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), digelar Kemenkes dan Kemendagri di Jakarta, Selasa malam, (28/11/2023).

Penghargaan tersebut tak lepas dari peran berbagai pihak yang terlibat di dalamnya, serta dukungan masyarakat terhadap berbagai program yang digelontorkan pemerintah.

“Semoga ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas dan pelayanan kesehatan di Kabupaten Sangihe,” kata Rinny Tamuntuan.

Penyelenggaraan KKS merupakan upaya menciptakan suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi.

Tatanan program Kabupaten Sehat digolongkan ke dalam 9 kelompok, meliputi kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan rumah ibadah, pasar rakyat, satuan pendidikan, serta pariwisata.

Selain itu, kelompok lainnya meliputi transportasi dan tertib lalu lintas di jalan, perkantoran, perindustrian, perlindungan sosial, serta pencegahan dan penanganan bencana.

Program kabupaten sehat ini merupakan program Kemendagri dan Kemenkes untuk mewujudkan kondisi daerah yang nyaman untuk dihuni dengan menerapkan 9 kegiatan yang mencakup berbagai aspek.

Kesempatan tersebut Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan ucapan selamat kepada kepala daerah yang berhasil meraih penghargaan mewujudkan kota sehat.

Diberikannya penghargaan tersebut, Menkes berharap kualitas kesehatan setiap daerah semakin baik sehingga mendorong meningkatnya angka harapan hidup masyarakat.

“Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat kepada kepala daerah yang sudah berhasil lebih baik dari yang lain dalam menciptakan kotanya yang lebih sehat,” ucap Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Dengan diraihnya Swasti Saba di bidang kesehatan pada tahun 2023, itu menambah koleksi prestasi yang diterima Kepulauan Sangihe.(*/gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *