Jerry Sambuaga Optimis Raih Kursi di DPR-RI

JAKARTA, mejahijau.com – Jerry Sambuaga salah satu putra terbaik asal Sulawesi Utara (Sulut) yang bersinar di dalam pemerintahan pusat.

Dalam kapasitasnya Sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) di bawah kepemimpinan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Jerry Sambuaga sukses membuat neraca perdagangan Indonesia surplus 41 bulan berturut-turut.

Ia juga berhasil menyelesaikan puluhan perjanjian dagang internasional lebih cepat dari waktu yang ditargetkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara di panggung politik, lulusan S1 Universitas San Fransisco, California dan S2 Universitas Columbia, New York ini, adalah salah satu tumpuan Partai Golkar dalam meraup suara kalangan milenial dan Gen Z.

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto mendapuk doktor ilmu politik termuda dari Universitas Indonesia (UI) ini sebagai Ketua Under Fourty (U-40) Golkar.

Dan ia juga salah satu Ketua DPP Partai Golkar dan Ketua Balitbang DPP Partai Golkar.

Tak hanya itu, politisi muda yang pernah diganjar sebagai legislator terbaik Senayan 2019 oleh Forum Pemantau Parlemen (FPP) ini sedang memangku tanggung jawab selaku Ketua Umum DPP AMPI.

Karier dan prestasinya yang cemerlang membuat mantan paskibraka nasional ini sering diundang menjadi narasumber di berbagai forum nasional dan internasional.

Salah satu pimpinan penggalangan pemilih pemula Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran ini laris menjadi pembicara karena dianggap kompetensi pada bidangnya.

“Jerry berkompeten karena terus meng-upgrade diri. Ia anak muda yang mau belajar dan menjawab kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan penuh tanggung-jawab,” ungkap Christian “Eto” Pua, mantan Ketua Kadin Sulut saat ditemui di Jakarta, Kamis, (23/11/2023).

Atas pertimbangan itulah, Jerry menurut Eto menjadi tumpuan harapan Partai Golkar, baik sebagai eksekutif maupun legislatif di pusat.

“Saya senang anak muda yang berwawasan luas, piawai berkomunikasi, santun dan rendah hati seperti beliau (Jerry Sambuaga),” ucap Eto yang juga Wakil Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) ini.

Eto secara khusus menilai masuknya Jerry dalam formasi calon legislatif (Caleg) DPR-RI Partai Golkar asal Dapil Sulut, akan menguntungkan lebih bagi Bumi Nyiur Melambai.

“Ia pelobi ulung, pintar dan piawai berdebat. Di parlemen diperlukan sosok yang punya kemampuan mendebat agar suara Sulut terdengar dan aspirasi masyarakat tersampaikan,” papanya.

Pernyataan Eto benar! Mantan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) ini memang terbiasa dan terlatih. Latar belakang sebagai dosen pada beberapa universitas ternama di Indonesia, antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Pelita Harapan (UPH) ini banyak membantunya.

“Ia kaya ide. Gagasannya mudah dicerna. Satu lagi, Jerry selalu berargumen disertai data dan fakta,” kata Franky Sambur, tokoh muda asal Langowan, Minahasa, Sulut.

Dari berbagai figur asal Sulut, Franky berpendapat, Jerry Sambuaga-lah paling menonjol.

“Tak heran bila Jerry diperkenalkan khusus Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai sosok muda berprestasi kepada Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto,” katanya.

Franky bangga atas pencapaian Jerry selama ini. Sebagai putra Sulut, ia berkontribusi besar dengan mengupayakan anggaran hampir Rp100 miliar buat perbaikan dan revitalisasi pasar di daerah Nyiur Melambai.

“Salah satunya pasar tematik di Tongkaina, Bunaken. Sudah tepat jika Golkar mendorong Jerry kembali ke DPR RI,” ucapnya.

Kini Jerry Sambuaga dipastikan meraup jatah satu kursi sebagai salah Caleg DPR-RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut) pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024.

Di daftar calon tetap (DCT) yang sudah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), politisi muda dengan rekam jejak gemilang ini memperkuat line-up Golkar.

Di formasi partai berlambang pohon beringin, Jerry Sambuaga tampil sebagai Caleg DPR-RI Nomor Urut 2 asal dapil Sulut.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *