Festival Rumah Raja Manganitu Resmi Dibuka Penjabat Bupati Sangihe

TAHUNA, mejahijau.com – Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan resmi membuka Festival Rumah Raja Manganitu yang pertama kali digelar, Senin, (20/11/2023).

Festival pertama digelar melibatkan seluruh kampung di wilayah Kecamatan Manganitu dengan masing-masing stand yang menampilkan berbagai produk kerajinan lokal serta beragam kuliner.

Pergelaran perdana ini digelar selama lima mulai Senin, 20 November sampai Sabtu, 25 November 2023.

Terlibat kalangan pelajar SD, SMP dan SMA khusus untuk lomba baca puisi, serta pagelaran pentas seni budaya tarian ampa wayer dan masamper.

Kesenian khas daerah juga turut ditampilkan baik kalangan pelajar maupun masyarakat umum diantaranya Musik Orkes, Musik Bambu, Vokal Grup, Solo/Duet, Poco-poco hingga Gelar Kreasi.

Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Tamuntuan dalam sambutannya mengapresiasi tinggi kepada Pemerintah Kecamatan Manganitu bersama seluruh Kapitalaung (Kepala kampung) dan masyarakat.

“Kegiatan ini sangat menunjang pariwisata dan juga budaya dari Kabupaten Kepulauan Sangihe. Apalagi pada kegiatan Festival Rumah Raja 2023 ini juga ada keterlibatan adik-adik pelajar SD, SMP dan juga SMA,” kata Perempuan Pertama yang memimpin Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dr Rinny Tamuntu yang juga Kepala Dinas Sosial Pemprov Sulut ini mengatakan, tentunya kegiatan-kegiatan seperti ini sangatlah baik.

Tidak hanya untuk melestarikan nilai luhur budaya daerah, tetapi turut menyentuh dunia pendidikan.

“Banyak hal yang bisa diberikan oleh adik-adik pelajar dalam kegiatan ini. Dan saya melihat Kecamatan Manganitu adalah kecamatan yang benar-benar memberikan dampak positif untuk budaya-budaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” imbuhnya.

Di kesempatan itu, Rinny juga mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Manganitu memanjatkan syukur atas dinobatkannya salah satu Raja Manganitu Bataha Santiago pada tanggal 10 November 2023 lalu.

“Kita semua bersyukur karena Manganitu selain kaya budaya dan keseniannya, Raja Bataha Santiago pada 10 November telah memperoleh penghargaan pahlawan nasional,” ujar Rinny.

Sebelumnya Ketua Panitia Festival Rumah Raja Richard Manulong melaporkan, kegiatan ini adalah bukti nyata yang pemerintah lakukan untuk menunjang bakat anak-anak SD, SMP sampai SMA.

Latar belakang kegiatan festival ini dalam rangka menunjang program pembangunan wisata dan pelestarian seni budaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Kegiatan ini juga untuk promosi wisata Rumah Raja serta pemberdayaan UMKM dan wadah penyaluran bakat kalangan pelajar di wilayah Manganitu,” ujar Richard.

Usai membuka kegiatan, Rinny Tamuntuan didampingi Kadis Pariwisata Femmy Montang, Kaban Kesbangpol Franky Nantingkase, Kadis Kominfo Ziegfrid Harikatang, Kasatpol PP Taufan Pontoh, serta Camat Manganitu Julian Pesik, langsung menyambangi masing-masing stand di lokasi festival.(gustaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *