Warga Nusa Utara Riang Gembira Jerry Sambuaga Kembali Maju ke Senayan

TAHUNA, mejahijau.com – Partai Golkar kembali mengusung Dr Jerry Sambuaga ke DPR-RI di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Alumnus S1 dan S2 dari perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat dan doktor termuda ilmu politik dari Universitas Indonesia (UI) ini resmi menjadi Calon Legislatif DPR-RI.

Diusung nomor urut 2 oleh Partai Golkar dari Dapil Sulawesi Utara (Sulut), rupanya selaras dengan harapan masyarakat Sulut.

Bahkan ribuan warga Sangihe, Sitaro, Talau dalam gugusan Kepulauan Nusa Utara menyampaikan kegembiraan setelah tahu Jerry Sambuaga maju lagi ke kursi parlemen.

Politisi yang pernah didapuk Forum Pemantau Parlemen (FPP) sebagai Legislator Terbaik Senayan 2019 ini kembali maju calon anggota DPR-RI oleh Partai Golkar.

“Jerry itu figur terpercaya dan berprestasi. Prestasinya mentereng walau masih muda. Ia juga selalu all-out berjuang untuk Sulut, termasuk memperjuangkan aspirasi masyarakat kepulauan Nusa Utara,” kata Melky Polohindang, aktivis pemuda Sangihe kepada wartawan, Selasa, (09/10/2023).

Ia mencontohkan perjuangan Jerry saat duduk di Komisi 1 DPR RI periode 2014-2019 silam.

“Saat Komisi 1 DPR RI hearing dengan Menkominfo, Bapak Rudiantara pada pertengahan 2018 lalu, Bung Jerry memperjuangkan ketersediaan jaringan internet untuk wilayah kepulauan. Ia menyampaikan itu setelah mendengar keluhan langsung dari masyarakat kepulauan betapa sulitnya mendapat akses internet,” ucap Melky berkisah.

Permintaan pria yang pernah mengajar di Universitas Indonesia (UI), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Pelita Harapan (UPH) itu menurut Melky terjawab.

“Pemerintah pusat dan pemerintah daerah bergerak cepat mewujudkan pembangunan konektivitas Palapa Ring Paket Tengah di Tahuna. Menteri Kominfo, Bapak Rudiantara dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di awal tahun 2019 datang ke Tahuna dan mencoba pemanfaatan akses internet tersebut. Ini salah satu perjuangan Bung Jerry Sambuaga,” tutur Melky.

Kini ketersediaan internet cukup baik di wilayah kepulauan Nusa Utara.

Ribuan warga kepulauan tiga daerah tersebut, menurut Melky lega setelah tahu Ketua DPP Golkar yang juga Ketua Umum DPP AMPI itu maju kembali ke DPR RI pada Pileg 2024.

“Mereka bilang sudah ada figur untuk DPR-RI. Figur itu adalah Bung Jerry Sambuaga,” ucapnya.

Pernyataan Melky dibenarkan sejumlah mahasiswa asal Nusa Utara di Manado.

Mereka tak ragu mendukung Anggota Dewan Pakar DPP KKK dan Wakil Dewan Pakar DPP GPPMP itu karena sudah menunjukkan kontribusinya bagi kemajuan Sulut, termasuk daerah kepulauan.

“Tak hanya pintar, Bung Jerry komitmen dengan janjinya. Ia layak diandalkan di DPR-RI,” ujar Maria Firmina asal Sitaro.

Kinerja cemerlang selama empat tahun menjabat Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, membuat dukungan kepada Jerry Sambuaga semakin membludak.

Suksesnya antara lain membuat neraca perdagangan Indonesia surplus selama 40 bulan berturut-turut.

Apalagi sebagai putra Sulut, mantan Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta (IPPMJ) ini berhasil menggolkan Rp90 miliaran untuk pembangunan dan revitalisasi pasar di Sulut.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *