Wamendag Jerry Sambuaga Beri Perhatian Khusus Pemasaran Produk UMKM Sulut

BANTEN, mejahijau.com –
Tangerang-Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 resmi digelar di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten menargetkan pertemuan antara pelaku UMKM, ekspotir, serta para buyer skala internasional.

Kegiatan berlangsung selama empat hari, Rabu-Minggu, (18-22/10/2023).

Wamendag Jerry Sambuaga semangati UMKM Sulut untuk go ekport dan go global.

“TEI menghadirkan kesempatan buat pelaku usaha untuk menembus pasar non-tradisional seperti Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika. Ini kesempatan yang bagus,” kata Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga kepada wartawan usai jadi pembicara pada Business Luncheon di ICE BSD Tangerang, Kamis, (19/10/2023).

Menurut Ketua DPP Golkar dan Ketua Umum DPP AMPI Jerry Sambuaga, Kegiatan tersebut untuk memperluas cakupan pasar dan mendorong diversifikasi.

“Kita ingin mengembangkan pelaku bisnis lokal, khususnya UMKM agar bisa bersaing dan mengambil peran aktif dalam rantai pasok global,” katanya.

Ratusan pelaku usaha dari berbagai daerah, tak terkecuali pelaku UMKM asal Sulawesi Utara (Sulut) memanfaatkan ajang ini untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk mereka.

“Saya bawa beraneka produk seperti nike tore, cakalang tore, sambal roa, kelapa tore dan abon,” ujar Meynio Sumendap, pengusaha asal Minahasa Utara (Minut).

Ketua UMKM Minut ini terlihat bersemangat menjelaskan produk-produk garapannya ke pengunjung dan calon buyer.

Wamendag Jerry Sambuaga lakukan pengawalan produk-produk UMKM asal Sulut.

Semangat yang sama diperlihatkan puluhan pelaku UMKM Sulut yang juga ikut TEI 2023.

“Perhatian khusus dari Wamendag, Pak Jerry Sambuaga membuat kami bersemangat untuk go export dan go global. Sudah dua hari ini Pak Jerry mengunjungi stand Sulut dan ikut memperkenalkan produk-produk yang kami bawa,” ucap pemilik UKM Nios ini.

Seperti apa perhatian lulusan S1 dan S2 dari perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat serta doktor politik termuda dari Universitas Indonesia (UI) terhadap pelaku UMKM Sulut? Mey menyebut pejabat yang sukses mengangkat neraca perdagangan Indonesia itu sangat konsen untuk pengembangan UMKM di Indonesia, terutama Sulut.

“Ada pembinaan dan pendampingan UMKM. Kami juga ikut Export Coaching Program atau ECP. Di pelatihan tersebut kami diajari proses perencanaan, pemilihan bahan baku, proses produksi, pengemasan, pemasaran, sertifikasi, perizinan dan tahap bisnis matching. Ada beberapa tahap sehingga akhirnya mengerti bagaimana menjadi exportir,” urai Mey memaparkan.

Tak hanya itu, Jerry Sambuaga yang juga Anggota Dewan Pakar DPP Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) dan Wakil Ketua DPP GPPMP ini, menurut Mey, ikut mempromosikan langsung produk-produk Sulut ke tingkat nasional dan internasional.

“Pak Jerry pernah meminta saya untuk ikut pameran di Malaysia. Pak Jerry menggenjot pelaku UMKM untuk go export dan go global,” aku Mey dan sejumlah pelaku UMKM asal Sulut.

Bahkan produk UMKM daerah ini makin bergairah ketika pria yang pernah mengajar di UI, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Pelita Harapan (UPH) itu, ikut terjun mencarikan buyer dari luar negeri.

“Pelatihan ECP terakhir lalu di Manado, ada buyer yang datang langsung dari Malaysia. Pak Jerry dan Kemendag menyiapkan jalur tol supaya produk-produk Sulut bisa menembus pasar luar negeri,” terangnya.

Sementara produk garapan Mey sendiri sudah mulai menembus beberapa negara, seperti Singapura, Australia, dan Jepang.

“Produk-produk saya masih dalam skala kecil, belum container. Dengan kemudahan yang diberikan Pak Jerry dan Kemendag, saya berharap bisa mengekspor dalam jumlah besar. Mohon doa restunya yaa?,” pungkas Mey.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *