Jerry Sambuaga Bersama Gabungan Ormas Adat Pimpinan Ishak Tambani Sepakat Bangun Sulawesi Utara

JAKARTA, mejahijau.com – Gabungan ormas adat dan LSM pimpinan Ishak Tambani bersama Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga kompak membangun Sulawesi Utara (Sulut).

Kekompakan tersebut diperlihatkan saat alumnus S1 dan S2 perguruan tinggi ternama dari Amerika Serikat dan doktor ilmu politik termuda Universitas Indonenesia (UI) itu menerima Ishak Tambani dan kawan-kawan di kantor Kemendag, Senin, (23/10/2023).

Segenap Ormas Adat dan LSM foto bareng bersama Wamendag Jerry Sambuaga.

Momen pertemuan dengan Wamendag Jerry Sambuaga diabadikan dengan foto bersama.

Para pimpinan ormas adat dan LSM yang dikoordinatornya Ishak Tambani bersama Jerry Sambuaga kompak mengangkat dua jari.

“Ada semangat untuk membangun Sulut dan Indonesia. Itu yang membuat kita kompak,” kata Ishak.

Pengusaha asal Minahasa Utara (Minut) ini menilai Jerry dalam kapasitasnya sebagai Wamendag RI sudah mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia.

“Pak Wamendag Jerry sukses membawa neraca perdagangan Indonesia lebih baik. Ini prestasi yang luar biasa,” ucap Ishak.

Bersama membahas nasib Sulawesi Utara kedepan.

Dalam pertemuan di Kemendag yang penuh keakraban tersebut, gabungan ormas adat menyampaikan apresiasi atas kinerja Ketua DPP Golkar dan Ketua Umum DPP AMPI .

“Berprestasi di pusat, Pak Wamendag Jerry juga tak lupa kampung halamannya. Ia membawa hampir Rp100 miliar untuk perbaikan dan revitalisasi pasar di Sulut,” ujar Ketua LAMI Sulut, Indri Montolalu.

Di momen pertemuan ini pula, pimpinan ormas adat dan LSM menyampaikan harapan mereka agar komoditas andalan Sulut seperti kopra, tuna, mujair, minyak kelapa dan lainnya menjangkau pasar lebih banyak negara.

Menariknya pimpinan ormas adat dan LSM juga ingin menjadi pelaku ekspor terus mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut dan Indonesia.

Mereka meminta pembinaan dan pendampingan dari Kemendag.

“Kita ingin dibina, didampingi tim ahli untuk membina UMKM yang dirintis teman-teman gabungan ormas adat dan LSM. Misalnya cara pembuatan krepek, pengemasan, pemasaran dan lainnya,” kata Ishak yang menjadi moderator didampingi Ketua Barisan Muda Kosgoro Reynald Tuwaidan.

Ia dan rekan-rekannya bersyukur karena Jerry Sambuaga memberi respon positif.

“Pak Jerry mendukung penuh jika teman-teman ormas adat dan LSM punya wadah dalam mengembangkan usaha. Ia menunggu proposal dari kami,” ujar Ishak.

Sejumlah pimpinan ormas adat dan LSM seperti John Hes Sumual, Marthin Waworuntu, Audy Wuisang, Arly Dondokambey, Johnson Wullur, Tenny Rumbayan, Steven Kembuan dan Stefi Sumampouw saat dihubungi wartawan usai pertemuan berharap makin banyak putra Sulut yang terakomodir di pemerintahan pusat.

“Di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin hanya Pak Prabowo yang menjabat Menteri Pertahanan RI dan Pak Jerry Sambuaga sebagai Wamendag. Keduanya berprestas dan berkinerja baik. Di pemerintahan berikut semoga bertambah karena Sulut punya sejumlah figur berkualitas,”  ucap Hes Sumual.

Secara pribadi, Hes bahkan menyampaikan kerinduannya melihat tokoh berdarah Kawanua Prabowo Subianto dapat memimpin negeri ini.

“Peluang pak Prabowo cukup besar di Pilpres 2024,” kata Ketua DPW Ormas Manguni  Indonesia Sulut ini.

Dengan lebih banyak putra Sulut yang terakomodir di pusat, perhatian untuk bumi Nyiur Melambai akan semakin besar.

“Contoh Pak Wamendag Jerry Sambuaga yang membawa hampir Rp100 miliar untk revitalisasi pasar di Sulut, salah satunya Pasar Tematik Tongkaina, Bunaken,” ujar Ketua Umum Waraney Santiago Indonesia (WSI), Marthin Waworuntu.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *