Purna Paskibraka Sulut Puas Kinerja Membanggakan Jerry Sambuaga di Kabinet Indonesia Maju

MANADO, mejahijau.com
Berbagai kalangan menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian luar biasa Jerry Sambuaga di level nasional.

Setelah PDK Kosgoro 1957 dan sejumlah akademisi, kini giliran pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut yang mengutarakan rasa bangga cara kerja Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI.

“Masih muda, Jerry sukses membuktikan kualitasnya dengan menyelesaikan tugas khusus dari Presiden Jokowi. Kami PPI Sulut bangga kerja keras dan performanya yang meyakinkan di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Ia salah satu purna paskibraka yang punya reputasi dan kinerja mentereng di level nasional,” tutur Ketua PPI Sulut, Hendro Kawatak kepada wartawan di Manado, Senin, (11/9/2023).

Hendro rupanya tak lupa saat Jokowi memperkenalkan pria yang menyelesaikan pendidikan S1 dan S2-nya pada perguruan tinggi ternama di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Kala itu Jerry diperkenalkan Jokowi usai dilantik sebagai Wamendag pada akhir Oktober 2018.

Saat itu, kata Hendro, Presiden Jokowi yakin Jerry Sambuaga dapat menyelesaikan perundingan dan perjanjian internasional dengan baik.

“Benar saja, Jerry mampu menyelesaikan itu lebih cepat dari target yang diberikan Presiden Jokowi. Ternyata ia juga mampu merampungkan perjanjian dagang internasional di tengah situasi pandemi serta tekanan negara-negara maju,” papar Hendro.

Sukses menyelesaikan perjanjian dagang internasional menjadi titik awal dalam transaksi dagang Indonesia dengan negara lainnya.

Perjanjian dagang internasonal ini menjadi instrumen penting untuk memperluas dan meningkatkan ekspor Indonesia.

Dengan perjanjian dagang, baik bilateral maupun multilateral, para pelaku Indonesia bisa mengeskpor dengan potongan bea masuk nol persen.

Hasilnya positif. Neraca perdagangan Indonesia selalu surplus. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), surplus perdagangan Indonesia stabil dengan angka rata-rata 3-4 miliar Amerika Serikat (AS) per bulan.

Dan itu berlangsung selama 38 bulan berturut-turut. Torehan tertinggi dicapai pada Desember 2022.

Ketika itu Indonesia surplus USD54,46 miliar. Mengacu data statistik pula, torehan di Desember 2022 itu adalah yang tertinggi sejak Indonesia merdeka.

“Jejaring internasional yang dibinanya dan kemampuan berbahasa Inggris yang sangat baik membantu Jerry dalam menjalankan tugas negara.

Jerry salah satu purna paskibraka yang membanggakan ternyata piawai dalam diplomasi internasional.

Sukses Jerry Sambuaga di kabinet Indonesia Maju, menurut pengusaha muda ini, menginspirasi dan memberi motivasi kalangan muda terlebih purna paskibraka di Sulut untuk terus berkarya.

“Dua bulan lalu saat saya di Jakarta, saya mendapat kabar Jerry akan mendapat award dari salah satu organisasi pers atas prestasi dan kinerjanya yang luar biasa sebagai Wamendag. Sangat pantas kalau Jerry dihadiahi penghargaaan karena ia sudah memberikan yang terbaik negara melalui tugas di Kementerian Perdagangan dan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Secara khusus, Hendro menyebut prestasi Jerry di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin ikut melambungkan citra Sulut di level nasional.

“Saat perkenalan di istana, Presidem Jokowi menyebut Jerry sebagai putra Sulut, artinya representasi warga Sulut. Ia menunjukkan kualitas warga Sulut. Bahwa jika diberi kepercayaan, orang Sulut akan memberi yang terbaik untuk Indonesia. Ini poin yang memberi nilai plus untuk Sulut,” kata Henro yang dibenarkan pengurus PPI Sulut lainnya, Iwan Moniaga.

Mengingat Jerry sebagai Wakil Ketua Majelis Pertimbangan PPI Sulut, Hendro dan kawan-kawan ingin mengundang khusus doktor ilmu politik termuda dari Universitas Indonesia itu untuk berbagi pengalaman.

“Kami ingin Jerry dan purna paskibraka lainnya yang sudah sukses di bidangnya bisa menularkan virus kesuksesan itu kepada adik-adik yang baru bergabung di PPI Sulut,” kata Henro.

Jerry diketahui pernah menjadi Paskibaraka nasional. Gemblengan selama menjalani latihan sebagai calon anggota Pakskibraka ikut membentuk kribadian Jerry yang tangguh, disiplin dan berdedikasi.

Tak heran bila ia banyak dipercaya memegang sejumlah jabatan penting.
Kini bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai Golkar untuk DPR RI dari Dapil Sulut itu sering diundang sebagai pembicara di berbagai forum nasional dan internasional.

“Golkar tepat mendorong Jerry Sambuaga kembali ke DPR RI. Kami siap mensupport Bacaleg nomor urut 2 dari Partai Golkar ini demi citra Sulut di level nasional,” kata Ketua Forum Diskusi Pemuda Minahasa (FDPM) Adri Muthalib.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *