Produk UMKM Binaan Wamendag Jerry Sambuaga Tembus Negeri Jiran Malaysia

MANADO, mejahijau.com – Produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sulawesi Utara (Sulut) rambah negeri jiran Malaysia.

Titik terang produk-produk Sulut masuk ke negeri tetangga itu dipaparkan coach senior dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) Eriklex Donald Sahusilawane.

“Buyer asal Malaysia Khairish Hashim tertarik dengan produk-produk UMKM Sulut. Ini sudah kita laporkan ke Wakil Menteri Perdagangan, Pak Jerry Sambuaga,” ungkap Erik saat dihubungi Jumat, (22/09/2023).

Coach senior Kemendag Eriklex Donald Sahusilawane.

Sebagai putra Sulut, lanjut Erik, Wamendag Jerry Sambuaga ingin produk-produk UMKM asal Bumi Nyiur Melambai bisa menembus pasar dunia.

Menurutnya, buyer asal Malaysia Khairish Hashim menghadiri langsung presentasi produk-produk UMKM Sulut yang digelar selama dua hari 18-19 September di Lagoon Hotel Manado.

Bahkan pimpinan salah satu perusahaan ternama di Malaysia itu pun sudah mengunjungi beberapa tempat produksi untuk melihat langsung cara pengolahan produk UMKM.

Eriklex Donald Sahusilawane menyebut, produk-produk tersebut dibawa Hashim ke negaranya untuk diperkenalkan.

“Jika tak ada aral melintang, Oktober 2023, Khairish akan membawa satu container produk UMKM Sulut ke Malaysia. Soal rasa dan komposisi menunya tentu sangat menentukan. Produk-produk tersebut akan langsung dibeli,” Erik memaparkan.

Dua coach senior Kemendag bersama Wamendag Jerry Sambuaga.

Ia berharap keseriusan pembeli dari negeri Jiran tersebut memicu semangat pelaku-pelaku UMKM Sulut.

Kata Erik, pesan tersebut juga berulang kali disampaikan Wamendag Jerry Sambuaga.

Lanjut dikatakan, Export Coach Program (ECP) menjadi perhatian serius Jerry Sambuaga terutama untuk Sulut.

Program pelatihan yang disokong Wamendag Jerry Sambuaga di Kota Manado, turut dihadiri langsung Atase Perdagangaan RI untuk Malaysia dengan menghadirkan buyer dari negeri tetangga.

“Jadi Pak Jerry menyiapkan jalur tol pemasaran untuk UMKM Sulut. Luar biasa perhatiannya untuk Sulut,” kata pria asal Ambon ini.

Terobosan manis Wamendag Jerry Sambuaga mengharuskan para pelaku UMKM berterima kasih.

Menyusul sikap Jerry Sambuaga yang menghendaki lahirnya eksportir-eksportir tangguh yang bisa mengangkat perekonomian Sulut dan Indonesia.

Peserta dibimbing sampai mengerti, termasuk bagaimana membuat invoice, membuat kemasan serta cara pengolahan produk.

Sebelumnya Jerry Sambuaga sudah gelontorkan ratusan miliar rupiah untuk pembangunan dan revitalisasi pasar.

Menurut Ketua UMKM Provinsi Sulut, Servius Killis, para pelaku UMKM mengaku makin bersemangat karena buyer dari luar negeri datang langsung menjemput bola.

Servius Killis dan kawan-kawannya menilai, Sulut beruntung punya Jerry Sambuaga di pusat pemerintahan negara.

Selain perhatian untuk daerah Sulut, Jerry yang juga Anggota Dewan Pakar Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) itu, dianggap mampu mengangkat citra Sulut dengan prestasi dan kinerjanya di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ia aset Sulut di pusat pemerintahan negara,” ujar Servius lagi.

“Selain Pak Hashim dari Malaysia, kita juga terkoneksi melalui zoom dengan pembeli dari negara lain dan langsung memperkenalkan produk kita. Terima kasih Pak Jerry Sambuaga dan Tim Kemendag,” tutur Mega Monalisa, pengusaha asal Kota Bitung.

Diketahui, Wamendag Jerry Sambuaga adalah doktor termuda politik dari Universitas Indonesia.

Ia diusung Partai Golkar untuk kembali berkiprah di DPR RI.

Namanya tercatat nomor urut 2 bakal calon legislatif (Bacaleg) Golkar dari Dapil Provinsi Sulut.

Dengan rekam jejak yang gemilang, ratusan ribu warga Sulut berharap Jerry Sambuaga bisa melenggang ke DPR RI untuk mengawal aspirassi masyarakat Nyiur Melambai di pusat.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *