Pelaku UMKM dan Pedagang Pasar Rakyat di Sulut Dorong Jerry Sambuaga Kembali ke DPR-RI

MANADO, mejahijau.com – Prestasi kerja Wamendag (Wakil Menteri Perdagangan) RI Dr Jerry Sambuaga terbilang kemilau sepanjang 2022-2023.

Pria yang pernah mengajar di Universitas Indonesia (UI), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), dan Universitas Pelita Harapan (UPH) ini teruji membangun struktur ekonomi mikro, kecil dan menengah, saat negara dihantam gelombang Covid-19.

Saat bersamaan, Jerry Sambuaga juga mampu menjaga stabilitas dan keseimbangan neraca perdagangan.

Berkat terobosan yang dilakukannya, terutama menyelesaikan 27 perjanjian dagang internasional, Jerry dan Tim Kemendag sukses menjadiikan neraca perdagangan Indonesia surplus 38 bulan berturut-turut.

Bahkan pada Desember 2022, neraca perdagangan Indonesia surplus USD54,46 miliar. Angka tersebut merupakan yang tertinggi selama Indonesia merdeka.

Politisi Golkar itu mendorong ekonomi digital yang merupakan niaga perdagangan paling berpotensi di masa kini.

Dari sederet prestasi dan konsentrasi kerja Wamendag, ada sektor besar yang menitipkan harapan di pundak Anggota Dewan Pakar Dewan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Kawanaua (KKK) ini.

Caleg DPR RI itu dianggap tokoh yang sangat konsen mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi sektor andalan RI.

Tak terkecuali pasar rakyat. Tercatat ada 10 Juta unit UMKM teregistrasi dalam sistem OSS hingga akhir tahun 2023.

Data ini akan terus mengalami perubahan seiring dengan kenaikan jumlah UMKM yang mendaftar di OSS.

Mereka umumnya mendapat perhatian pemerintah melalui fasilitas asesmen produk, asistensi pasar dan evaluasi mutu produk.

Saat ini jumlah UMKM khususnya sektor mikro telah mencapai 385.212 pelaku lebih banyak jika dibandingkan dengan usaha kecil yang hanya 24.909 dan menengah 12.915.

Sementara Jerry adalah tokoh yang memperjuangkan intervensi negara di dunia UMKM dan pasar rakyat.

Melihat track-record Jerry Sambuaga itu, umumnya pelaku UMKM Sulut menghendaki Ketua Umum AMPI itu duduk di DPR RI.

“Bapak Jerry Sambuaga tentu sudah tahu seluk-beluk UMKM dan metodologi pengembangannya. Kita bangga beliau sangat konsisten,” ujar Ketua UMKM Sulut Servi Kilis kepada wartawan di Manado, Selasa, (26/09/2023).

Ketika Jerry memutuskan untuk kembali ke DPR-RI, lanjut dia, tentu beliau punya strategi untuk menghidupkan dan membesarkan UMKM lewat legislatif.

“Minimal Pak Jerry tahu bahwa intervensi paling mengena adalah sokongan penganggaran dan payung hukumnya. Dan kami percaya di DPR-RI beliau akan memastikan dana stimulus untuk UMKM Kememdag betul-betul ditingkatkan.

“Jadi sangat pantas jika kita mendukung Jerry Sambuaga ke DPR-RI,” pungkasnya.(*/tr)

 

Selain UMKM, dukungan buat Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut itu juga datang dari elemen pedagang Pasar Tradisional atau Pasar Rakyat. Pria yang didapuk Forum Pemantau Parlemen (FPP) sebagai legislator DPR RI Terbaik 2019 itu dinilai sudah memperjuangankan modernisasi pasar dengan anggaran yang dikawalnya. Ia berhasil membawa Rp 90 milar dari pusat untuk pembangunan dan revitalisasi pasar di Sulut.
“Beliau mengerti tentang modernitas pasar. Kita berharap, pasar rakyar ke depan makin maju dan berkembang baik penataan pasarnya, maupun layanan digitalisasi. Tentu impian ini tidak lepas dari dukungan DPR RI. Bukan saja Kemendag. Jadi sangat layak Pak Jerry berjuang di jalur legislasi dan penganggaran,” ujar Isnandar Amiri, SE, pedagang kelontong di Pasar Bersehati, Manado.
Akademisi Constan Naresy S.Fils mengatakan, dukungan kepada pejabat atau politisi yang memiliki pasion terhadap rakyat adalah contoh kontrak politik kerakyatan yang didasari asas keyakinan.
“Itu semacam kontrak politik tidak resmi. Tapi ingat dukungan yang datang karena track record dan ikatan kinerja yang baik itu jauh lebih elegan. Artinya baik politisi maupun rakyat yang mendukung sudah yakin dengan kualitas diri sessorang yang menerima kepercayaan masyarakat. Masyarakat mendukung Jerry Sambuaga bisa jadi karena mereka berkeyakijan bahwa mereka menaruh harapan di pundak yang benar,” jelas dosen PTS itu.
Diketahui, doktor termuda politik dari UI itu diusung Partai Golkar kembali ke DPR RI. Namanya tercatat di nomor urut 2 bakal calon legislatif (Bacaleg) Golkar dari Dapil Sulut. Dengan rekam jejaknya yang gemilang, ratusan ribu warga Sulut berharap Wakil Ketua Dewan Pakar GPPMP dan mantan Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta (IPPMJ) itu bisa melenggang ke DPR RI untuk mengawal aspirasi masyarakat Nyiur Melambai di pusat.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *