Jerry Sambuaga Mantan Legislator Terbaik Didorong Kembali ke DPR-RI

MANADO, mejahijau.com – Politisi Golkar, Jerry Sambuaga pernah didapuk sebagai legislator terbaik asal Sulawesi Utara (Sulut) di DPR-RI, Senayan Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan Forum Pemantau Parlemen (FPP) pada akhir 2019 silam di Kota Manado.

Selain predikat wakil rakyat terbaik, FPP juga melabeli mantan Ketua Umum Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta (IPPMJ) itu sebagai politisi Indonesia paling menjanjikan.

“Performanya di DPR RI sangat baik. Jerry tak pernah absen dalam pertemuan penting atau hearing dengan mitra terkait. Absensi yang hampir 100 persen tersebut selaras dengan kekritisan Jerry menyikapi berbagai persoalan bangsa,” tutur Sonny Undap, Wakil Ketua FPP kepada wartawan di Manado, kala itu.

Menurut Sonny Undap, pertimbangan mengapa pihaknya memilih Jerry
Sambuaga karena alasan-alasan yang logis.

Dikisahkan Anggota Dewan Pakar Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) di Jakarta ini, ketika dia meminta rekan-rekannya di Komisi VIII DPR-RI mencabut dua pasal, 69 dan 70 dalam RUU Pendidikan Agama.

Dua pasal ini mengatur persyaratan ibadah sekolah minggu dan katekisasi. Jerry anggota DPR RI pertama yang menyampaikan keberatannya atas dua pasal tersebut.

Jerry Sambuaga anggota DPR-RI periode 2014-2019, sering diundang sejumlah telivisi nasional dan laris jadi pembicara di berbagai forum baik nasional maupun internasional.

“Analisa dan pemaparannya selalu disertai data. Ia menyampaikannya dalam bahasa yang mudah dicerna. Itu sebabnya ia paling laris jadi pembicara dalam berbagai forum nasional dan internasional. Makanya kami juga melabeli Jerry sebagai politisi Indonesia paling menjanjikan,” ungkap Sony Undap lagi.

Empat tahun terakhir Jerry tak lagi duduk di DPR RI. Presiden Jokowi memberi kepercayaan sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI.

Kepercayaan tersebut dijawab dengan kinerja mengagumkan.
Wakil Ketua Umum Majelis Pertimbangan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut ini menyelesaikan dengan cepat perjanjian dagang dengan sejumlah negara mitra Indonesia.

Ia juga sukses membawa neraca perdagangan Indonesia surplus 38 berturut-turut.

Dengan kinerja ciamik, baik saat menjadi angota DPR RI maupun sebagai Wakil Menteri Perdagangan tersebut membuat Jerry diharapkan tetap di pusat.

Maka ketika Golkar kembal mencalonkan Jerry ke DPR RI di Pemilihan Legislatif (PIleg) 2024, doa dan sokongan pun datang dari berbagai kalangan dan wilayah di Sulut.

“Warga Sulut lega setelah tahu Partai Golkar kembali mencalonkan Jerry kembali ke DPR RI. Kinerja dan prestasinya sudah terbukti di pusat. Jerry tidak hanya memberikan yang terbaik untuk Kementerian Perdagangan, melainkan juga bagi rakyat dan bangsa ini. Sulut butuh sosok seperti Jerry untuk memperjuangkan berbagai kepentingan di DPR RI,” kata tokoh masyarakat Tomohon, Joy Palilingan kepada wartawan Kamis (14/9/2023).

Mantan anggota DPRD Sulut ini menilai Wakil Ketua Umum DPP Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih 14 Februaru 1946 (GPPMP) ini layak diandalkan mengawal aspirasi masyarakat Nyiur Melambai di DPR RI.

“Tak hanya punya jejaring dan mahir urusan lobi-melobi, Jerry juga piawai berdebat. Di forum rapat, dibutuhkan sosok pendebat ulung dalam menggolkan kepentingan. Itu ada dalam diri Jerry Sambuaga,” ujar Joy.

Atas pertimbangan itu, Joy dan ratusan ribu warga Sulut siap mendukung keterpilihan Jerry ke DPR-RI.

“Figur enerjik, berintegritas dan berkualitas serta punya komitmen memajukan Sulut seperti Jerry perlu ditopang,” ungkapnya.

Penjelasan Joy tersebut dibenarkan tokoh muda asal Tahuna, Kabupaten Sangihe, Melky Polohindang.

“Parlemen itu dari kata Parler, Bahasa Prancis. Parler artinya bicara. Jadi wakil rakyat digaji untuk bicara, untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Karena itu jangan pilih figur yang datang duduk dan diam di legislatif. Pilih figur seperti Jerry Sambuaga yang santun, rendah hati dan vocal memperjuangkan kepentingan masyarakat,” pungkas Melky.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *