Jerry Sambuaga Beberkan 3 Kunci Sukses Produk UMKM Tembus Pasar Internasional

MANADO, mejahijau.com – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dr Jerry Sambuaga terus melakukan pendampingan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara (Sulut).

Selain membekali para pelaku UMKM dengan aneka fasilitas negara, Wamendag membeberkan 3 kunci sukses produk UMKM boleh tembus pasar internasional.

Wamendag RI Jerry Sambuaga hadiri Discover North Sulawesi.

Tiga kunci tersebut yakni, kualitas, kuantitas, dan kontinuitas yang orientasinya upaya pengembangan produk agar lebih berdaya saing dan siap ekspor.

Hal itu disampaikan Jerry Sambuaga saat mengunjungi pameran produk unggulan Provinsi Sulut, Discover North Sulawesi di Hotel Borobudur, Jakarta.

Wamendag Jerry datang disertai dua coach senior UMKM Kementerian Perdagangan, Iera Khairini dan Eriklex Donald Sahusilawane.

Pada momentum itu, salah satu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar ini mengatakan, kerja sama antara pemerintah pusat banyak membantu pelaku UMKM di daerah dalam mengembangkan usahanya.

Wamendag RI Jerry Sambuaga memantau langsung produk UMKM asal Sulawesi Utara.

Sinergi antara pemerintah pusat dan daerah diharapkan makin erat terjalin sehingga produk-produk UMKM makin gencar dipasarkan.

Pria yang pernah mengajar di sejumlah Perguruan Tinggi ternama ini menjelaskan, pihaknya memilki target peningkatan ekspor melalui pelatihan, pendampingan, business matching, dan pemasaran produk melalui atase perdagangan dan ITPC.

UMKM harus dapat meningkatkan kualitas produknya, menambah kemampuan produksi lebih efisien, konsisten mempertahankan daya saing produksi.

Kementerian Perdagangan menurut Wakil Ketua MPO Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut ini miliki perwakilan perdagangan di 45 negara untuk mempermudah proses ekspor para UMKM yang sudah memenuhi syarat “3-K”.

Misalnya memberi akses penjajakan kesepakatan bisnis (business matching), identifikasi kebutuhan dan preferensi kriteria produk dari negara setempat, dan pelatihan ekspor.

Anggota Dewan Pakar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) ini juga mengusulkan pemerintah dapat menyediakan sentra UMKM untuk pamerkan karya.

Selain itu harapan agar Kementerian Perdagangan memfasilitasi para pelaku usaha untuk mengikuti berbagai pameran di Jakarta.

“Sentra UMKM adalah ide yang baik. Untuk mewujudkannya, diperlukan kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan pemerintah daerah setempat dan anggota legislatif,” ujar pria yang pernah didapuk Legislator Terbaik Senayan 2019 oleh Forum Pemantau Parlemen (FPP) ini.

Selain jabatab Wamendag, Jerry juga menjabat Wakil Ketua Dewan Pakar Dewan Pimpinan Pusat Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih (GPPMP).

Ia masuk Daftar Caleg Sementara DPR-RI Nomor Urut 2 dari Partai Golkar dari Dapil Provinsi Sulut.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *