Jean d’Arc Tegaskan Dukung Program Tomohon Kota Sehat di Segala Bidang

Berita Utama, Tomohon266 Dilihat

TOMOHON, mejahijau.com – Rapat Koordinasi lingkup Keasistenan Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tomohon, digelar di Telaga Ma’langen Kelurahan Paslaten Dua, Kamis, (07/09/2023).

Rakor dirangkaikan dengan Rapat Tim Kota Sehat Kota Tomohon dalam rangka persiapan verifikasi lapangan penilaian Kota Sehat tahun 2023.

Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, drg Jean d’Arc Senduk-Karundeng secara detil menjelaskan tentang interaksi sosial kemasyarakatan.

Termasuk mengenai pengendalian dan penanganan rabies dengan melakukan upaya dan tindakan vaksinasi untuk hewan-hewan penular rabies.

“Terpenting kita melakukan langkah antisipasi terhadap situasi pengendalian dan penanganan penyakit di lingkungan masyarakat,” ujar Jean d’Arc.

Dikatakannya, begitu juga dengan kasus Demam Berdarah, tentu ini menjadi tugas dan tanggungjawab bersama dalam penanganannya.

“Kita harus menjaga kesehatan lingkungan, termasuk pemicu penyakit DBD, yakni memberantas sarang Nyamuk sehingga tidak berkembang biak dilingkungan sekitar kita,” jelas First Lady Tomohon ini.

Program Kota Sehat, kata dia, terpenting bukan hanya mengejar penghargaan saja.

“Tetapi bagaimana peran dan upaya kita semua sebagai masyarakat membuat Kota Tomohon benar benar sehat,” sentilnya.

Is menambahkan, proaktif menjaga kebersihan, keindahan, kenyamanan, keamanan dan lain sebagainya.

Kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs ODS Mandagi mengajak para Camat dan Lurah untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Seperti di musim kemarau saat ini, agar para Camat dan Lurah terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan,” kata Mandagi.

Jadi, lanjutnya, mohon masyarakat tidak melakukan hal-hal yang dapat mengakibatkan kebakaran seperti kebakaran lahan secara luas atau kebakaran hutan,” sebutnya.

Ia spontan menyebutkan terkait data masyarakat penerima program bantuan, agar melakukan pendataan secara baik.

“Ketika ada penyaluran Program Bantuan Sosial dan lainnya, akan benar-benar tersalur tepat sasaran,” tukasnya.

Hadir Perangkat Daerah, para Camat dan Lurah, serta para Tim Kota Sehat Kota Tomohon.

Tahun 2023 ini, Tomohon masuk lagi dalam proses penilaian Kota Sehat dan target mempertahankan penghargaan Kategori Swasti Saba Wistara yang sudah Tiga kali diraih.(jp)

DAFTAR PENGHARGAAN KOTA SEHAT YANG DITERIMA KOTA TOMOHON:

– Tahun 2013 meraih Penghargaan Kategori Swasti Saba Padapa.
– Tahun 2015 meraih Swasti Saba Wiwerda.
– Tahun 2017 meraih Swasti Saba Wistara.
– Tahun 2019 meraih Swasti Saba Wistara.
– Tahun 2021 meraih Swasti Saba Wistara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *