Digandrungi Pemilih Pemula, Jerry Sambuaga Kiblat Intelektual Sulawesi Utara

MANADO, mejahijau.com – Kinerja Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Dr Jerry Sambuaga memicu sambutan positif publik tanah air serta masyarakat luas.

Selain konsisten menjaga keseimbangan nilai ekspor-impor, Jerry tak lupa selalu mendorong kinerja para awak di lingkungan Kementerian Perdagangan.

Di sisi lain, penampilan Jerry Sambuaga di sejumlah forum internasional yang padat konsep intelektual, menarik minat civitas akademika di Sulawesi Utara (Sulut).

Sosok pemimpin muda yang mampu membangun tiga kompetensi sekaligus, yakni kapabilitas kerja, dan standar intelektual mumpuni, serta tetap menjaga moralitas pejabat negara.

Itu menjadi contoh bagi kaum muda bahkan menjadi kiblat diskusi kalangan mahasiswa.

Sejumlah dosen dan mahasiswa yang ditemui wartawan mengaku kagum dengan kwalitas intelektual dari sosok Jerry Sambuaga.

“Saya dan mahasiswa sering mengikuti presentasi digital Pak Jerry Sambuaga. Bagaimana beliau mempresentasikan kinerja Satuan Kerja Kemendag, kemudian membedah konsep dan strategi perdagangan RI, lalu kebijakan Kemendag yang berkaitan dengan perdagangan dan entitas bisnis anak bangsa. Kesan kami beliau inovatif dan kreatif. Penjelasannya bernas, ilmiah dan mudah dicerna,” ungkap Constan Naresy MSi, Dosen Etika Profesi salah satu perguruan tinggi swasta di Sulut.

Jebolan Filsafat Seminari Tinggi Pineleng ini menilai, secara akademis banyak ilmu perdagangan yang dipresentasi Jerry Sambuaga layak menjadi kiblat pemikiran dan diskusi akademik mahasiswa perguruan tinggi di manapun.

“Ukuran kami yang bergelut dengan ilmu dan mata kuliah, sebenarnya banyak penuturan, presentasi Jerry Sambuaga merupakan perpustakaan portable, yang didalamnya mahasiswa dapat mengakses Ilmu Perdagangan atau bisnis terapan. Dan saya kira, Pak Jerry ini aset Sulut yang didedikasikan ke pusat dan terbukti sukses membantu pemerintahan Jokowi,” jelas Constan.

Menanggapi status Jerry Sambuaga sebagai caleg DPR-RI, lulusan Teologi STF-SP itu mengatakan, ia sangat layak duduk kembali di Senayan.

“Parlemen itu kan belahan lain dari Kementerian. Apalagi yang harus dikhawatirkan. Kemendag adalah mitra kerja DPR-RI. Sudah barang tentu, duduk di DPR Pak Jerry akan jauh lebih enteng mengawasi kinerja mitranya. Poin penting yang harus kita pegang adalah, bahwa Jerry Sambuaga sosok dengan moralitas yang terjaga hingga saat ini. Dia sempurna dalam banyak aspek; intelektualitas, kinerja, moralitas,” pungkas Constan Naresy.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *