Cemerlang di Kabinet Jokowi, Golkar Daulat Jerry Sambuaga ke Kursi Parlemen

MANADO, mejahijau.com – Selama bertugas di Kabinet Joko Widodo, Jerry Sambuaga membuat bangga segenap kekuarga besar Partai Golongan Karya (Golkar).

Selaku Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga yang sebelumnya mengajar di Universitas Indonesia dan Universitas Pelita Harapan (UPH) ini sukses mempercepat perjanjian dagang internasional beberapa negara.

Selama bertugas ia juga berhasil membawa neraca perdagangan Indonesia surplus 38 bulan berturut-turut.

Alumnus Colombia University, New York, Amerika Serikat dan doktor ilmu politik termuda dari Universitas Indonesia ini benar-benar menunjukkan prestasinya di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pelak saja kiprah Jerry Sambuaga membuat bangga kader-kader Partai Golkar di Sulawesi Utara (Sulut).

Mantan Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta ini dianggap berhasil memainkan perannya di tengah krisis dunia serta  tekanan negara-negara maju terhadap perekonomian Indonesia.

“Jerry menjawab kepercayaan Jokowi dan tiga Menteri Perdagangan yang menjadi atasannya selama ia menjabat Wamendag RI dengan kinerja ciamik. Ia tidak hanya memberikan yang terbaik untuk Kemedang RI, melainkan juga bagi rakyat dan bangsa ini. Ia mengangkat citra Sulut di level nasional,” kata Ketua Barisan Muda Kosgoro 1957, Reynald Pangalila kepada wartawan di Kota Manado, Jumat, (01/09/2023).

Dengan performa meyakinkan di lingkaran pemerintah pusat, Reynald dan kawan-kawan bersemangat saat mengetahui Jerry Sambuaga masuk dalam formasi bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR-RI dari Partai Golkar asal Dapil Sulut.

Bahkan tak hanya Reynald Cs, puluhan ribu warga Nyiur Melambai antusias dan siap mendukung keterpilihan anggota dewan pakar pengurus pusat Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) itu di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 nanti.

Mereka menilai pilihan DPP Golkar memasang Jerry Sambuaga ke kursi parlemen DPR RI sudah sangat tepat.

“Jerry Sambuaga salah satu kader terbaik dari Partai Golkar Sulut yang sudah teruji kemampuan dan integritasnya. Dia politisi muda paling bersinar saat ini di pusat. Jadi pilihan Golkar kami dukung sepenuhnya,” kata Ketua Forum Diskusi Pemuda Minahasa (FDPM) Adri Muthalib.

Selain berkinerja baik di pemerintahan, Adri menyebut, Ketua Umum DPP AMPI itu selalu menunjukkan perfoma meyakinkan setiap diundang sebagai narasumber di berbagai forum, baik nasional maupun internasional.

“Bergelar doktor dan memang cerdas, Jerry Sambuaga laris jadi narasumber di berbagai forum. Ia mengangkat nama baik Sulut di level nasional dan internasonal,” ujar Adri.

Mengingat kerja utama wakil rakyat pada tiga bidang yakni pengawasan, legislasi dan undang-undang, maka Adri menyebut perlu sosok yang punya kapasitas duduk di Senayan.

“Parlemen itu dari Parler, Bahasa Prancis yang artinya bicara. Wakil rakyat digaji untuk bicara. Jadi jangan pilih yang hanya duduk diam,” Adri memaparkan.

Sulut menurut dia butuh sosok cerdas, piawai berdebat dan tak malu menitipkan atau memperjuangkan aspirasi warga Nyiur Melambai di berbagai kesempatan seperti Jerry Sambuaga.

“Jerry itu aset Sulut di pusat. Kerugian bagi daerah Nyiur Melambai jika kehilangan dia di pusat,” ucapnya.

Pernyataan Adri tersebut dibenarkan Sterky Magansa asal Bitung. Ia mengaku sering menyaksikan mantan anggota Paskibraka pusat itu tampil di televisi.

“Ini menunjukkan kualitas Jerry, kualitas yang tidak dimiliki politisi lainnya. Politisi seperti inilah yang layak untuk didukung,” katanya.

Sterky juga masih ingat bagaimana dulu Jerry saat masih di anggota DPR-RI seolah tak kehabisan energi memperjuangkan kepentingan orang banyak, khususnya warga Sulut di pusat.

Saat itu menurut Sterky, Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Purna Paskibraka Sulut ini all-out berdebat dan memperjuangkan agar RUU Pendidikan Keagamaan, pasal 69 dan 70 dihapus.

“Dua undang-undang yang mau mengatur sekolah minggu dan katekisasi itu memang harus dihapus, Ini membuktikan Bung Jerry Sambuaga peduli kepentingan konstituennya. Politisi dengan kemampuan seperti Jerry ini yang kita butuhkan,” kata Sterky lagi.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *