UMKM Style Jerry Sambuaga Digunjingkan Kabinet Joko Widodo

JAKARTA, mejahijau.com – Nama Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga akhir-akhir ini menjadi pergunjingan di lingkaran kabinet Jokowi-Ma’aruf.

Apa pasal sehingga Jerry Sambuaga seolah menjadi magnet di lingkaran Kabinet Jokowi-ma’aruf?

Barangkali karena terlanjur cinta produk dalam negeri, sehingga Jerry Sambuaga setiap aktivitas sebagai orang dua di Kementerian Perdagangan RI, selalu mengenakan buatan
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Mulai dari pakaian, celana, cepatu, tas, kacamata yang dikenakan Wamendag RI Jerry Sambuaga setiap hari, ternyata buatan UMKM dalam negeri.

Sontak saja tampilan UMK Style Jerry Sambuaga mendapat perhatian khusus dari kalangan kabinet di kementerian RI.

Selain kwalitas produknya standar, corak dan tampilannya juga bersaing dengan merek-merek ternama dari luar negeri.

Apresiasi atas kebiasaan Jerry Sambuaga mengenakan produk UMKM dalam negeri dilontarkan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

“Pak Jerry total membuktikan kecintaan terhadap produk dalam negeri dengan langsung menggunakan produk-produk Indonesia, khususnya UMKM,” ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga membeberkan, produk-produk yang dikenakan Wamendag Jerry Sambuaga adalah hasil dari ekonomi kreatif yang tengah menggeliat di Tanah Air.

Sandiaga Uno mengaku dirinya bersama rekan-rekan dalam Kabinet Jokowi-Ma’aruf beberapa kali bersua dengan Wamendag Jerry Sambuaga.

Setiap kali pertemuan, kata Sandiaga, selalu Jerry Sambuaga terlihat ceria dan bangga dengan stelan batik UMKM-nya.

“Batik yang dipakai Pak Wamen itu beragam dari berbagai daerah di Indonesia. Sepatu dan jam tangan beliau juga merupakan hasil garapan UMKM. Jadi hampir semuanya merupakan hasil ekonomi kreatif. Saya salut,” puji Sandiaga belum lama ini di Jakarta.

Politisi Partai Golkar asal Sulawesi Utara (Sulut) ini setiap harinya memang selalu tampil bersemangat menggalakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022.

Bahkan, kebanggaan dan kecintaan Jerry Sambuaga terlihat saat ia tampil dengan UMKM style untuk menunjang setiap aktivitasnya.

“Pak Jerry Sambuaga luar biasa dalam komitmennya. Ia benar-benar mencintai dan membanggakan produk dalam negeri. Saya kenal berbagai kerajinan batik dalam negeri karena Pak Jerry,” tutur Abraham Sridajaja, seorang pengusaha di Jakarta.

Kecintaan pendiri The Zoom Strategist terhadap produk dalam negeri dianggap positif dalam upaya menggairahkan semangat pelaku UMKM untuk memasarkan garapan mereka.

“Dengan menggunakan produk dalam negeri, Wamendag Jerry Sambuaga secara tidak langsung ikut mempromosi garapan UMKM kita. Ini positif dan sangat baik,” kata Christian Pua, mantan Ketua Kadin Sulut yang kini lebih banyak beraktivitas di Jakarta, Rabu, (16/08/2023).

Secara khusus Eto sapaan akrabnya juga berterima kasih karena Jerry Sambuaga juga kerap memperkenalkan Kain Bentenan serta produk asal Sulut lainnya.

“Berbagai kesempatan saya lihat Pak Wamendag pakai kain batik Bentenan juga. Saya sesama asal Sulut berterima kasih karena Pak Wamendag juga ikut mempopulerkan garapan UMKM dari daerah Nyiur Melambai,” akunya.

Jerry Sambuaga memang selalu ceria dengan produk dalam negeri. Walau beberapa tahun mengeyam pendidikan di luar negeri, bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai Golkar untuk DPR RI dari Dapil Sulut ini bahkan hampir tak pernah tampil dengan aksesoris luar negeri.

Ia pun tak jemu mengajak berbagai kalangan untuk menggunakan produk lokal.

“Banyak produk dalam negeri yang bagus dan nyaman untuk digunakan,” aku Ketua Umum DPP AMPI ini.(*tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *