Spektakuler TOF 2023 Disaksikan Puan Maharani serta Puluhan Ambassador Negara Sahabat

TOMOHON, mejahijau.com – Event Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang tercatat sebagai salah satu Kharisma Event Nusantara, dihelat, Sabtu (12/08/2023).

Pesona Tournament Of Flower (TOF) atau Parade Kendaraan Hias tampak spektakuler warnai agenda utama TIFF 2023, yang disaksikan ribuan pengunjung Wisatawan Domestik dan Mancanegara.

Politisi PDIP Puan Maharani, Olly Dondokambey, Vanda Sarundajang serta Caroll Senduk saat TIFF 2023 di Kota Tomohon.

Puncak hajatan Tournament Of Flower, secara resmi dibuka oleh Ketua DPR RI DR (HC) Puan Maharani ditandai dengan pemukulan tambur tarian kabasaran.

Sebelumnya, rangkaian TIFF 2023 yang ber- Tema “Walking Together, Rising Together”, Selasa (08/08) dibuka oleh Menteri Parekraf RI DR Sandiaga Salahuddin Uno BBA MBA.

Gelaran TIFF ke 11 tahun 2023, Tomohon Of Flower sejak tahun 2008, telah masuk dalam Kalender Of Event Kementerian Parekraf menjadi destinasi Pariwisata Nasional.

TIFF 2023 juga disaksikan pejabat negara sahabat.

Terpantau, Parade Kendaraan Hias tepat pukul 08.00 Wita mulai bergerak Start dari hanggar yang berlokasi di Show Window Kakaskasen dan finish di Stadion Babe Palar Kota Tomohon.

Sepanjang route TOF dari lokasi Star sampai Finish tampak eforia antusias masyarakat lokal, maupun warga yang datang dari luar Kota Tomohon tumpah ruah menyaksikan kreasi Float khas bunga asli Tomohon.

Tak dipungkiri, terkadang Parade Kendaraan Hias terlihat terhenti sejenak akibat luapan massa yang sesekali turun ke jalan mengambil kesempatan berfoto ria dilatar belakangi semarak keindahan bunga.

Melewati Panggung Utara, atraksi marching band, dan fashion carnival pun mampu menghipnotis para puluhan tamu duta besar dan perwakilan negara sahabat, serta Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dihadiri, Pejabat Kementerian Lembaga dari Pusat dan Daerah, Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, para Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Indonesia, unsur BUMN dan BUMD.

Bahkan, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, juga secara langsung disaksikan secara daring virtual oleh masyarakat.

Kesempatan itu, Ketua Umum Panitia TIFF 2023 Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir Ny Rita M Dondokambey – Tamuntuan mengatakan, acara TIFF bukan hanya Parade Kendaraan Hias.

“Event TIFF 2023 merupakan panggung kebudayaan dan promosi pariwisata Kota Tomohon serta momen kebangkitan industry Pariwisata Indonesia,” sebutnya.

“Selamat menikmati keseruan TIFF 2023, selamat menyaksikan parade kendaraan hias terbaik di Indonesia. Mari kita melangkah bersama dan bangkit bersama,” kata First Lady Sulut ini.

Wali Kota Pasadena California Victor Gordo pun menyampaikan rasa simpati dan bangga disaat mendapat kabar dari Wali Kota Tomohon bersama isteri dalam kegiatan Rose Parade Pasadena.

“Kami di undang untuk menyaksikan TOF 2023, maka dengan penuh suka cita menyampaikan dukungan dan doa terbaik untuk suksesnya TIFF 2023,” ujar Victor Gordo.

“Kami rakyat dan Kota Pasadena menantikan kesempatan untuk berjalan bersama dan bangkit bersama dengan Tomohon,” ungkapnya.

Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH mengemukakan, bahwa gelaran TIFF 2023 melibatkan seluruh potensi masarakat di Kota Tomohon.

Ia mengatakan, dalam event TOF semua bunga yang digunakan untuk kendaraan hias adalah hasil dari Kelompok Petani Bunga Kota Tomohon, termasuk para dekorator bunga.

Menurutnya, momen TIFF secara langsung menggerakan perekonomian masyarakat, dengan terserapnya hasil pertanian bunga dan tenaga kerja.

“Jadi, multiplier effect mempengaruhi sektor lainnya seperti hotel penginapan restoran cafe biro perjalanan wisata dan lainnya,” paparnya.

Sembari Ia berharap, TIFF 2023 ini akan memberi manfaat besar bagi seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon baik sebelum dan sesudah pelaknasaan TIFF 2023.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah dan masyarakat Sulawesi utara, kami ucapkan terima kasih atas dukungan darl semua pihak.

“Khususnya para Ambassador yang berkunjung ke Sulut, kurang lebih 42 negara yang datang di Kota Tomohon,” tegasnya.

Dikatakan Gubernur, terimakasih juga kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon yang terus menjaga keharmonisan di Kota Tomohon, sehingga mendapat perhatian dari lembaga untuk predikat Tomohon sebagai Kota Toleran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Para tamu dari luar Sulut yang datang menikmati keindahan Kota Tomohon-Sulut, tentunya telah ikut memberikan sumbangsi yang sangat besar di Sulut dan Kota Tomohon,” ungkap Dondokambey.

Sementara itu, Ketua DPR RI DR (Hc) Puan Maharani saat membuka resmi gelaran Tomohon Of Flower mengatakan, jika Festival Bunga Tomohon bukan sekedar pameran bunga saja.

“Festival ini adalah refleksi dari keberagaman keindahan dan kekayanann alam Indonesia. Kota Tomohon harus selalu berbenah diri dalam membangkitkan potensi pariwisata menyambut wisatawan domestik dan mancanegara,” pesan Puan.

“Saya sangat berharap festival ini akan membawa Kota Tomohon menjadi Kota yang kuat, yang hebat dan yang harmoni untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya,” pungkasnya.(jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *