Prabowo Subianto dan Jerry Sambuaga Buktikan Kualitas Orang Sulut di Kabinet Jokowi

MANADO, mejahijau.com
Prabowo Subianto dan Jerry Sambuaga tunjukkan kinerja terbaik sejak bergabung di Kabinet Joko Widodo (Jokowi).

Dua putra Kawanua ini dipercayakan Presiden Jokowi masuk dalam lingkup kerjanya.

Prabowo Subianto dipercayakan sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhankam), dan Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI.

Sederet lembaga survei yang menyoroti kinerja Kabinet Jokowi-Maaruf ternyata menempatkan Menhankam Prabowo Subianto miliki kinerja terbaik.

Di Kabinet Prabowo juga mengangkat wibawa Presiden Jokowi dan nama Indonesia di mata internasional sebagai negara kuat yang mampu bersaing dengan negara lain dalam banyak hal.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kini menjadi salah satu Calon Presiden RI terkuat disamping Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Sementara Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI juga memperlihatkan semangat kerja terbaiknya.

Tahun pertama duduk di Kabinet Jokowi-Ma’ruf, putra kawanua ini langsung unjuk kualitas.

Pejabat milenial asal Sulawesi Utara (Sulut) ini sukses menyelesaikan perjanjian dagang internasional yang ditugaskan oleh Presiden Jokowi.

Keberhasilan tersebut menuai apresiasi dari kalangan DPR-RI Senayan Jakarta

“Kami apresiasi Pak Wamendag Jerry Sambuaga atas kerja kerasnya yang melampui target. Ia mampu menyelesaikan perundingan dagang internasional di tengah situasi pandemi serta tekanan negara-negara maju,” ucap Evita Nursanti, personi Komisi VI DPR-RI saat rapat dengar pendapat dengan Kementerian Perdagangan di gedung DPR RI, beberapa waktu lalu.

Memulai debutnya sebagai Wamendag RI, Jerry Sambuaga langsung tancap gas.

Tak sampai satu tahun, ia sudah menyelesaikan sejumlah perjanjian perdagangan internasional, antaranya IA-CEPA, AHK-FTA, IJ-CEPA dan ASEAN Korea-FTA.

Perjanjian dagang internasonal ini menjadi instrumen penting untuk memperluas dan meningkatkan ekspor Indonesia.

Dengan perjanjian dagang, baik bilateral maupun multilateral, para pelaku usaha Indonesia bisa mengeskpor dengan potongan bea masuk sampai nol persen.

Hasilnya positif neraca perdagangan Indonesia selalu surplus. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), surplus perdagangan Indonesia stabil dengan angka rata-rata 3-4 miliar Amerika Serikat (AS) per bulan dan itu sudah berlangsung selama 38 bulan berturut-turut.

Torehan tertinggi dicapai pada Desember 2022. Ketika itu Indonesia surplus USD54,46 miliar.

Dari data statistik pula, torehan di Desember 2022 itu adalah yang tertinggi sejak Indonesia merdeka.

Kinerja gemilang Prabowo dan Jerry Sambuaga menurut Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH), Jonathan Parapak, memberi motivasi kalangan muda untuk berbuat yang terbaik bagi Indonesia.

Di sisi lain Dekan FISIP Universitas Bung Karno (UBK) Franky Roring menilai keberhasilan keduanya membuktikan kapasitas dan kualitas diri.

“Prabowo Subianto dan Jerry Sambuaga bisa memainkan peran terbaik seperti yang diinginkan Presiden Jokowi. Keduanya tidak hanya memberikan prestasi terbaiknya sebagai Menteri, tetapi juga memberi manfaat bagi rakyat dan bangsa ini,” ujar akademisi Franky Roring kepada wartawan, Senin, (28/08/2023).

Secara khusus, Franky menyebut prestasi Prabowo dan Jerry Sambuaga di kabinet Jokowi-Ma’ruf secara tidak langsung telah mengangkat citra orang Sulut.

“Prabowo Subianto dan Jerry Sambuaga adalah representasi warga Sulut di Kabinet Indonesia Maju. Keduanya menunjukkan kualitas warga kawanua jika diberi kepercayaan dapat bekerja baik. Orang Sulut akan memberi yang terbaik untuk Indonesia. Ini poin penting sebagai nilai plus untuk warga Sulut,” urainya.(*tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *