Peluncuran Kampung Moderasi Beragama, Caroll Senduk Tekankan Kerukunan dan Toleransi

TOMOHON, mejahijau.com – Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk SH melaksanakan Peluncuran Kampung Moderasi Beragama di Kota Tomohon, Selasa, (29/08/2023).

Peouncuran Kampung Moderasi Beragama ber- Tema: “Merawat kerukunan, perkokoh semangat kebangsaan”, digelar di Masjid Agung Al-Mujahidin Tomohon.

Peluncuran Kampung Moderasi Beragama yang dilakukan langsunt oleh Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH ditandai dengan pemukulan Tetengkoren.

Dalam sambutan Wali Kota Tomohon menjelaskan,
Pembentukan Kampung Moderasi Beragama merupakan langkah positif untuk mempromosikan perdamaian, toleransi, serta menjaga kerukunan dan keberagaman di masyarakat.

“Tujuannya mencegah terjadinya perpecahan dan mencegah konflik, sehingga boleh terpelihara kondisi aman dan damai di Kota Tomohon,” ungkap Caroll.

Menurutnya, dengan adanya Kampung Moderasi Beragama di Kota Tomohon dapat mengembangkan sikap toleransi dan saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah.

“Kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan tanpa memandang perbedaan suku, bahasa dan adat istiadat orang lain,” terangnya.

Sementata, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulut melalui Kabag Tata Usaha Basri SAg MPd mengatakan, program ini dicanangkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Agama.

“Kalau kampung kita ada kedamaian tentu negara kita Indonesia damai, dan inspirasi toleransi kerukunan tentunya mulai dari kampung,” ujar Basri.

“Selamat atas di Launching-nya Kampung Moderasi Beragama di Kota Tomohon,” tuturnya.

Dan Ia mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Tomohon yang mendukung program tersebut hingga terlaksana dengan baik.

Di bagian lain, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt Senduk GA Roeroe MTh kepada para awak media mengatakan, dengan di Launching-nya Kampung Moderasi Beragama di Kota Tomohon, dapat memberi semangat toleransi.

“Memberi semangat kepada seluruh masyarakat bagaimana menjaga kehidupan rukun dan damai, sehingga di Tomohon terus ada kedamaian dan ketentraman,” ungkap Roeroe.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tomohon Pdt Simon S Rawis SPAK MPdK mengemukakan, ini adalah program prioritas pemerintah membangun paradigma masyarakat tentang kesadaran moderasi beragama berbasis lingkungan, budaya dan kearifan lokal.

Kesempatan itu, dilakukan Penandatanganan Prasasti dan Penyerahan berbagai penghargaan kepada Wali Kota Tomohon dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulut.

Penghargaan terkait kerjasama dukungan perhatian dan partisipasi dalam penyelenggaraan ibadah haji Provinsi Sulut musim haji 1444Hijriah tahun 2023.

Hadir unsur Forkopimda Kota Tomohon bersama BIN Korwil Tomohon, para tokoh agama dan masyarakat, unsur Yayasan Al Mujahidin Tomohon, bersama Jajaran Pemkot Tomohon.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *