Jerry Sambuaga Wujudkan Impian Jokowi Meningkatkan Devisa Negara

JAKARTA, mejahijau.com – Saat memperkenalkan sosok Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ungkapkan keyakinannya.

Ternyata pengangkatan Jerry Sambuaga sebagai Wamendag, mampu mendatangkan devisa melalui ekspor Indonesia ke luar negeri.

Kepiawaian politisi milenial yang mahir berbahasa Inggris aktif ini, ternyata memuluskan jalur lobi Indonesia di dunia internasional termasuk meningkatkan devisa melalui ekspor.

“Ini Jerry Sambuaga. Masih muda. Beliau putra Sulawesi Utara. Ia lulusan S1 dan S2 di AS. Beliau kami percaya jadi Wamendag dan akan memback-up penuh perjanjian perdagangan dengan negara lain terselesaikan dengan baik. Kita harapkan juga bisa meningkatkan ekspor Indonesia ke negara-negara non tradisional,” kata Jokowi saat memperkenalkan Jerry Sambuaga kepada media di Istana Merdeka, Jumat, (25/10/2019), silam.

Terbukti pilihan Jokowi sangat jitu. Dalam tugasnya Jerry Sambuaga menunjukkan kinerja ciamik sebagai Wamendag RI.

Hanya butuh waktu beberapa bulan, Ketua Balitbang DPP Golkar itu sudah membawa neraca perdagangan Indonesia surplus.

Telorkan kebijakan-kebijakan berani, Jerry Sambuaga berhasil meningkatkan ekspor Indonesia.

“Neraca perdagangan Indonesia kembali mencatatkan surplus per Juni 2023 sebesar USD 3,45 miliar. Dengan catatan ini, neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus selama 38 bulan berturut turut sejak Mei 2020,” ujar Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Atqo Mardiyanto kepada wartawan di Jakarta, Senin, (31/07/2023).

Merujuk data statistik, surplus perdagangan Indonesia selalu stabil di angka rata-rata 3-4 miliar Amerika Serikat (AS) per bulan.

Torehan tertinggi dicapai pada Desember 2022 lalu. Ketika itu Indonesia surplus USD54,46 miliar.

Torehan pada Desember 2022 itu adalah yang tertinggi sejak Indonesia merdeka.

Dari data BPS itu pula bisa disimpulkan masuk Jerry Sambuaga dalam kabinet Jokowi-Maaruf, semua potensi ekspor langsung termaksimalkan tahun pertama ia bertugas.

Selin itu, putra cerdas politisi gaek Theo Sambuaga ini sukses mempercepat perundingan internasional.

Jejaring internasional dibinanya. Ia juga gencar buka komunikasi efektif lintas negara.

Kepuasan mitra dagang Indonesia menjadi kunci keberhasilan Jerry Sambuaga pendatangkan devisa bagi negara.

“Saya diberi tanggung jawab untuk mempercepat terselesaikannya perjanjian dagang internasional. Mulai dari PTA, FTA hingga CEPA termasuk GSP. Puji Tuhan, semua terselesaikan dengan baik,” ucap Jerry saat ditemui wartawan di Jakarta, Senin, (31/07/2023).

Alumnus Columbia University New York dan Doktor Ilmu Politik termuda UI ini menyebut, perjanjian internasional adalah instrumen penting dalam memperluas dan meningkatkan ekspor.

Perjanjian dagang bilateral maupun multilateral, pelaku ekonomi Indonesia bisa mengekspor dengan potongan bea masuk rendah bahkan bisa nol persen.

“Sejak Wamendag RI dijabat Pak Jerry Sambuaga, angka ekspor Indonesia lebih tinggi dari nilai impor kita. Semoga Putra Sulut ini bisa terus meningkatkan kinerjanya untuk bangsa dan negara,” ucap mantan Ketua Kadin Sulut, Christian Pua SE.(*tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *