Ingat Kampung Halaman, Wamendag Jerry Sambuaga Gelontorkan Rp90 Miliar untuk Perbaikan Pasar

MANADO, mejahijau.com – Kabinet kerja Jokowi periode 2019-2024 diisi salah satu putra Sulawesi Utara (Sulut), Jerry Sambuaga.

Ketua Balitbang DPP Partai Golkar itu dipercaya sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI mendampingi Menteri Zulkifli Hasan.

Hanya selang beberapa bulan setelah dilantik, Jerry sudah berhasil meningkatkan ekspor Indonesia.

Hingga kini neraca perdagangan Indonesia surplus 38 bulan berturut-turut.

Meski sudah menduduki jabatan strategis di Kabinet Jokowi, mantan Ketua Umum Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta ini tak lupa dengan kampung halamannya.

Tak hanya sebatas sumbangsih ide dan pemikiran, Jerry Sambuaga aktif berkomunikasi dengan pemerintah daerah (Pemda) di Sulut guna mengupayakan bantuan yang dibutuhkan masyarakat.

Merujuk data Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, selang  2020-2022, dana yang dikucurkan ke daerah Sulut kurang lebih Rp90-an miliar.

Dana tersebut untuk revitalisasi dan perbaikan pasar di Sulut. Anggaran dari pusat itu dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana Tugas Pembantuan (TP).

Dana tersebut diperuntukan dua unit pasar rakyat dengan anggaran Rp77,5 miliar. Dua pasar dimaksud adalah Pasar Minanga di Kecamatan Tagulandang Utara, Kabupaten Sitaro senilai Rp2,5 miliar tahun 2020.

Kedua adalah Pasar Petualangan Bunaken Manado atau publik lebih kenal denan sebutan pasar tematik. Dana yang dikucurkan untuk pasar tematik tahun 2022 senilai Rp75 miliar.

Sementara pasar rakyat dengan dana TP berjumlah empat unit, antaranya Pasar Kampung Laine di Kabupaten Sangihe tahun 2020 sebesar Rp2,5 miliar, kemudian Pasar Malalayang Manado tahun 2020 dengan anggaran Rp3 miliar.

Setelah itu Pasar Tumpaan di Kabupaten Minahasa Selatan tahun 2020 dengan anggaran Ro4 miliar dan terakhir Pasar Genggulang Kotamobagu tahun 2021 dengan anggaran Rp4 miliar. Total anggaran dari dana TP yang diberikan untuk pasar di Sulut sebesar Rp14 miliar.

“Di luar itu juga ada bantuan kurang lebih 50 gerobak buat pedagang di Kota Bitung. Anggarannya Rp1,5 miliar. Kebetulan saya ikut mengantar dan mendampingi Tim Kemendag menyerahkan gerobak tersebut ke Pemkot Bitung,” tutur Moris Polak, salah satu orang dekat Jerry Sambuaga kepada wartawan di Manado.

Kucuran dana dari Kemendag tersebut nilai sejumlah aktivis menjadi bukti kepedulian Jerry Sambuaga terhadap kampung halamannya.

“Kontribusi dan perhatian Jerry Sambuaga untuk Sulut tidak perlu diragukan. Ia pasti mengupayakan yang terbaik buat daerahnya sendiri,” ujar Stenly Daniel Rahmis, Ketua Komunitas Pemuda Nusa Utara.(*tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *