Gesitnya Wamendag RI Jerry Sambuaga Meningkatkan Neraca Perdagangan Indonesia

JAKARTA, mejahijau.com – Pemerhati dan kalangan aktivis mengapresiasi kinerja Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI.

Politisi Partai Golkar asal Sulawesi Utara (Sulut) ini dianggap mampu memaksimalkan potensi ekspor Indonesia ke luar negeri.

Optimalisasi ekspor yang dilakukan Wamendag Jerry Sambuaga memantik neraca perdagangan Indonesia surplus.

“Pak Jerry mampu bina jejaring dan lobi-lobi internasional. Kerja kerasnya membuahkan hasil yang memuaskan. Sulut layak berbangga punya wakil di kabinet dengan kinerja jempolan,” ungkap Franky Roring akademisi dari Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta saat ditemui, Kamis, (31/07/2023).

Lanjut dia, di tengah krisis dunia dan tekanan negara-negara maju terhadap ekonomi Indonesia, ternyata Jerry Sambuaga dapat berperan sesuai keinginan Presiden Jokowi dan Menteri Zulkifli Hasan.

“Ia (Jerry Sambuaga) tidak hanya memberikan yang terbaik bagi Kementerian Perdagangan RI, tetapi juga bagi rakyat dan bangsa ini,” ujar doktor lulusan Universitas Indonesia ini.

Dekan FISIP UBK ini mengapresiasi upaya tim Kemendag RI, terutama Menteri Zulkifli Hasan dan Wamen Jerry Sambuaga dalam meningkatkan ekspor Indonesia.

“Angka ekspor naik lebih besar. Neraca perdagangan kita surplus 38 bulan berturut-turut. Mari topang upaya Menteri Zulkifli dan Wamendag Jerry dalam memaksimalkan potensi ekspor Indonesia,” imbuhnya.

Apresiasi atas kinerja ciamik Jerry Sambuaga juga disampaikan pemerhati ekonomi Jack Sumerar.

Neraca perdagangan yang surplus menurut Jack menandakan ekonomi Indonesia yang kondusif.

“Capaian ini bukan suatu direkayasa melainkan data otentik. Ini menunjukkan kita semua bahwa kinerja perdagangan Indonesia luar biasa,” ujar alumnus Fakultas Ekonomi Unsrat ini.

Jack mengaku pihaknya mengikuti terus kiprah Jerry Sambuaga selama ini.

“Dia menggandeng Kadin, HIPMI dan semua pengusaha untuk kegiatan ekspor. Jerry juga banyak turun menyemangati pelaku UMKM. Semua instrumen dilibatkan. Kinerjanya sangat membanggakan,” kata Jack lagi.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) apa yang disampaikan Franky dan Jack itu benar.

Diketahui, neraca perdagangan Indonesia kembali mencatatkan surplus per Juni 2023 sebesar USD 3,45 miliar.

“Dengan catatan ini, neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus selama 38 bulan berturut turut sejak Mei 2020,” ujar Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Atqo Mardiyanto.

Merujuk data statistik, surplus perdagangan Indonesia selalu stabil dengan angka rata-rata 3-4 miliar Amerika Serikat (AS) per bulan.

Torehan tertinggi dicapai pada Desember 2022. Ketika itu Indonesia surplus USD54,46 miliar.

Mengacu data statistik, di Desember 2022 itu adalah yang tertinggi sejak Indonesia merdeka.

Dari data BPS itu pula bisa disimpulkan jika Wamendag Jerry Sambuaga memaksimalkan potensi ekspor Indonesia pada tahun pertamanya masuk kabinet Jokowi.

Alumnus Columbia University, New York, Amerika Serikat dan Doktor Ilmu Politik termuda UI itu juga sukses mempercepat dialog ekonomi internasional.

Jejaring internasional yang dibinanya dan komunikasi efektif dengan mitra dagang Indonesia menjadi kunci keberhasilan putra kawanua ini.(*tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *