Gelar Toast Kenegaraan, Ini Pesan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk

TOMOHON, mejahijau.com – Pemerintah Kota Tomohon menggelar acara Toast Kenegaraan dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023, di Rumah Dinas Wali Kota, Kamis, (17/08/1023).

Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk SH dan Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE, didampingi Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jean d’Arc Senduk-Karundeng, dan Sekretaris TP-PKK Kota Tomohon Eleonora Lumentut- Sangi.

Dalam kebersamaan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota memimpin Toast kenegaraan dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tomohon.

Wali Kota Caroll dalam sambutannya mengatakan, Indonesia, negara yang kita cintai, telah menjalani perjalanan panjang sejak deklarasi kemerdekaannya.

Perjuangan dan pengorbanan para Pahlawan, telah membawa hingga pada detik ini, di mana kita memiliki tanggung jawab bersama mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia lebih maju dan sejahtera.

Dalam semangat tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, kita diingatkan untuk tidak berhenti berusaha dan berinovasi, dan tidak berhenti bersatu, demi mencapai kemajuan yang lebih besar.

Tema ini bukan hanya sekadar rangkaian kata, tetapi merupakan panggilan kepada kita semua untuk terus bergerak maju, meneruskan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita demi mencapai cita-cita luhur bangsa.

Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Peringatan hari Kemerdekaan, tidak hanya seremoni formal, tetapi juga momen yang mengingatkan kita tentang nilai-nilai dan semangat perjuangan yang ditanamkan oleh para Pejuang Kemerdekaan kita.

“Melalui perjuangan mereka, kita memperoleh hak istimewa untuk hidup dalam suatu negara yang merdeka dan berdaulat,” ucap Wali Kota Caroll.

Kemerdekaan itu sendiri tak cukup, kita harus memastikan bahwa kita memanfaatkannya dengan bijak untuk memajukan negeri ini.

Mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menciptakan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat.

Sama seperti Pahlawan-pahlawan kita, melawan penjajah demi masa depan yang lebih baik, demikian pula kita saat ini, memiliki peran penting dalam membangun bangsa.

Langkah yang kita ambil hari ini, akan mempengaruhi kualitas hidup generasi mendatang. Pendidikan yang kita berikan, lingkungan yang kita jaga, serta kontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial, semuanya adalah bagian dari perjuangan untuk mengisi kemerdekaan.

Wali Kota menegaskan, sesuai pesan bijak Bung Karno, bahwa hidup bukanlah tentang ‘aku bisa saja’, namun tentang ‘aku mencoba’. Jangan pikirkan tentang kegagalan, itu adalah pelajaran.”

Pesan ini mengajarkan kita untuk tidak hanya berusaha keras, tetapi juga menjalani hidup dengan penuh semangat dan antusiasme.

“Jadikanlah pesan ini sebagai inspirasi dalam setiap langkah kita menuju Indonesia yang lebih maju dan adil,” bebernya.

Selama kita mengisi Kemerdekaan hingga saat ini, kita semua telah memberikan dukungan penuh dalam pembangunan bangsa dan daerah.

Terbukti, bahwa dengan kerja keras kita berhasil memastikan perekonomian di daerah tetap bertumbuh; menciptakan peluang kerja; dan meningkatkan kesejahteraan.

Keberhasilan ini merupakan buah dari sinergi antara Pemerintah dan masyarakat, dalam membangun fondasi yang kokoh bagi pembangunan berkelanjutan.

“Saya optimis, dengan semangat gotong royong dan sinergitas yang kuat, kita mampu mengatasi tantangan dan mewujudkan Indonesia maju, makmur dan sejahtera, khususnya bagi kemajuan Provinsi Sulawesi Utara.

Mari terus melaju, kita bergandengan tangan, meneruskan perjuangan para Pahlawan, dan jadikan negeri ini sebagai tempat dimana keberagaman kita menjadi kekuatan, dan keadilan serta kemajuan.

“Jadi tonggak utama membangun bangsa. Bahkan, dengan semangat Kemerdekaan yang menyala dalam hati, mari kita berkomitmen untuk terus mengabdi, membangun negeri dan mewujudkan cita-cita besar bangsa, menuju Indonesia maju.

Sebelum Toast kenegaraan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon menyalakan lilin HUT RI ke- 78, dengan mengangkat gelas diikuti oleh seluruh undangan.

Harapan yang dilontarkan dengan penuh semangat oleh Wali Kota Tomohon “Indonesia hidup, Sulut Hidup, Tomohon hidup, Merdeka !,” dan diserukan “Merdeka!” oleh para undangan.

Dihadiri, Wakil Ketua DPRD Tomohon Drs Johny Runtuwene, DEA, Kajari Tomohon Alfonsius Gebhard Loemau SH MH, Kapolres Tomohon AKBP. Lerry Tutu SIK MM, bersama istri, Perwakilan Dandim 1302 Minahasa Kasdim Mayor Inf Vino Onibala, Korwil BIN Tomohon Ahmad Firgaus.

Hadir juga, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring SE ME bersama istri, Direktur IPDN Kamus Sulut Dr Arnold Poli MAP, Ketua Panitia HUT RI ke-78 kota Tomohon Masna Pioh SSos, Ketua Presidium BKSAUA Kota Tomohon Pdt Joice Sondakh.

Serta turut dihadiri Tokoh masyarakat, Tokoh Agama Pejabat Eselon II dan III di lingkup Pemkot Tomohon, Para Camat dan Lurah Se-Kota Tomohon, putra-putri Paskibra Kota Tomohon, para pejuang Kota Tomohon dan orangtua Paskibra Kota Tomohon.(jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *