Dukung Sektor Pariwisata Tomohon, OJK Perwakilan Sulut Gagas Edukasi Keuangan UMKM

TOMOHON, mejahijau.com – Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk SH diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Lily Solang menghadiri Edukasi Keuangan bagi UMKM Penunjang Sektor Pariwisata di Kota Tomohon.

Kegiatan digagas dan difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Sulawesi Utara ini berlangsung di GOR Babe Palar Kota Tomohon, Senin, (14/08/2023).

Sambutan Wali Kota Tomohon oleh Asisten Lily Solang memberi apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan OJK perwakilan Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara.

“Pemerintah Kota Tomohon memberi penghargaan setinggi-tingginya untuk pimpinan OJK yang telah memfasilitasi kegiatan, serta peserta yang telah hadir dalam kegiatan edukasi keuangan ini,” ujar Solang.

Lanjut dikatakan, Kota Tomohon kota kecil yang memiliki kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara (Sulut).

Tomohon jadi jalur lintasan Kabupaten Kota (Minahasa, Manado, Minahasa Tenggara), sangat membantu Tomohon dalam pengembangan Pariwisata, Pertanian, Jasa Perindustrian dan Perdagangan.

Hal tersebut, sangat mendorong pertumbuhan UMKM di Kota Tomohon, dimana saat ini tercatat ada 13.281 UMKM di Dinas Koperasi Kota Tomohon.

Dijelaskan Solang, dalam membina UMKM yang ada, Pemerintah Kota Tomohon perlu membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik Swasta maupun Instansi Pemerintah.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Tomohon dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Sulawesi Utara.

Kegiatan Edukasi Keuangan sangan dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk peningkatan SDM di era industri 4.0. industri 4.0 mengacu pada revolusi industri keempat yang sedang berlangsung saat ini.

Internet Of Things (IOT), robotika dan big data untuk mendorong produktifitas, efisiensi dan efektifitas dalam peningkatan berbagai sektor industri melalui optimalisasi proses dan quality control.

Pengetahuan tata kelola keuangan bagi UMKM menjadi penting untuk pengembangan usaha, minimnya pengetahuan pelaku UMKM dapat berakibat pada gagalnya usaha.

Asisten Lily Solang, momentum TIFF 2023 menjadi lebih berkwalitas dengan dilaksanakannya kegiatan kegiatan edukasi keuangan oleh OJK.

Pemerintah Kota Tomohon berharap, peserta yang mengikuti kegiatan dapat mengikuti dengan baik dan mampu mendorong para peserta untuk berinovasi dalam pengembangan usahanya.

Bahkan, Pemerintah Kota Tomohon ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan berkolaborasi bersama kami dalam kegiatan ini.

“Kerja keras dan kolaborasi kita semua pasti mampu mendorong tercapainya Kota Tomohon yang Maju Berdaya Saing dan Sejahtera,” ungkap Solang.

Kesempatan itu, Asisten Perekonomian dan pembangunan sekretaris Daerah Kota Tomohon, atas nama Wali Kota Tomohon membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dihadiri, Kepala OJK Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara Winter Marbun, Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk- Karundeng selaku Ketua Dekranasda Kota Tomohon, Direktur Utama PT. BPR Dana Raya Dave Pinontoan.

Bahkan, turut dihadiri juga Group Head Operasional PT Bank Sulutgo Linda Moniaga, Kepala Cabang PT. Bank Sulutgo Tomohon Jein Arina bersama jajaran, Jajaran Pemkot Tomohon, para peserta dan hadirin undangan.(jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *