Dinkes Sangihe Usulkan Pembangunan RS dan Pustu di Wilayah Selatan

TAHUNA, mejahijau.com – Demi menunjang pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah-wilayah jauh dari Ibukota Tahuna, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe berencana membangun berbagai fasilitas kesehatan.

Pemkab melalui Dinas Kesehatan telah mengusulkan berbagai perbaikan fasilitas Kesehatan khususnya Pusat Kesehatan Masyarakat Puskesmas Pembantu (Pustu) yang sebagian besar rusak berat.

“Kendala kita saat ini yang utama juga masalah fasilitas kesehatan terutama di wilayah-wilayah Kecamatan, Pustu sebagian besar telah rusak berat,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kepulauan Sangihe, dr Handry Pasandaran.

Di wilayah Selatan selain usulan perbaikan atau rehab sejumlah Pustu, bakal dibangun rumah sakit pratama dalam mendukung pelayanan kesehatan.

“Dalam menunjang pelayanan kesehatan, Pemkab juga tengah berjuang untuk membangun Rumah Sakit Pratama di wilayah Selatan. Dan kita tau bersama bahwa masyarakat dari wilayah Manganitu Selatan, Tamako, dan wilayah Kepulauan aksesnya cukup jauh ke rumah sakit rujukan di Kota Tahuna,” bebernya Mantan Dirut RSUD Liun Kendahe, Tahuna.

Pembangunan rumah sakit pratama dan Pustu juga menjadi atensi serius Penjabat Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan. Tujuannya tak lain demi peningkatan pelayanan Kesehatan masyarakat.

“Jarak tempuh yang cukup jauh dari Ibu kota kabupaten menjadi alasan bakal dibangunnya rumah sakit. Dengan tersedianya fasilitas kesehatan di wilayah-wilayah kecamatan tentunya dapat membantu masyakat untuk mendapatkan layanan,” ucap Rinny Tamuntuan pada suatu kesempatan.(gustaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *