CSWL Menghadiri Paripurna DPRD Tomohon, Mendengar Pidato Kenegaraan Presiden RI

TOMOHON, mejahijau.com – Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk SH, dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE  menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Rabu, (16/08/2023).

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi, dalam Rangka  HUT Ke- 78 Kemerdekaan RI dan Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024 beserta Nota Keuangannya.

Diikuti secara Vitual, dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon yang digelar di ruang sidang, dibuka oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE didampingi Wakil Ketua Drs Johny Runtuwene DEA dan Erens Kereh AMKL.

Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dalam Pidato Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangan di depan Rapat Paripurna DPR RI.

“APBN tahun 2024 didesain untuk menjawab tantangan saat ini, sekaligus dimasa yang akan datang, maka kebijakan APBN tahun 2024 diarahkan untuk mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Presiden Jokowi.

Dalam penyampaian, Presiden Jokowi menegaskan bahwa upaya Transformasi Ekonomi, akan ditempuh melalui dua strategi utama, yaitu strategi jangka pendek dan strategi jangka menengah.

Pertama, strategi jangka pendek difokuskan untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem, penurunan prevalensi stunting, pengendalian inflasi, dan peningkatan investasi.

Yang Kedua, strategi jangka menengah difokuskan pada 5 agenda sebagai berikut:

Satu, mewujudkan sumber daya manusia unggul yang produktif, inovatif, sejahtera, dan berdaya saing melalui peningkatan kualitas pendidikan dan sistem kesehatan, serta reformasi sistem perlindungan sosial, termasuk penguatan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Dua, akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi, khususnya infrastruktur di bidang energi, pangan, konektivitas, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Tiga, pemantapan implementasi reformasi birokrasi dan simplifikasi regulasi.

Empat, meningkatkan aktivitas ekonomi yang bernilai tambah tinggi, melalui hilirisasi sumber daya alam.

Lima, mendorong pengembangan ekonomi hijau. Dalam kesempatan ini Jokowi juga menyampaikan bahwa, Indonesia telah berhasil mengatasi tantangan besar akibat pandemi.

Presiden juga mengumumkan kenaikan gaji untuk aparatur sipil negara (ASN) atau gaji PNS pusat, daerah, TNI, dan Polri sebesar 8 persen dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024.

Tak hanya untuk ASN aktif, Jokowi juga mengusulkan kenaikan dana pensiu, dimana kenaikan gaji sebesar 8 persen dan kenaikan untuk pensiunan sebesar 12 persen.

Kesempatan itu, dihadiri Kajari Tomohon Alfonsius Gebhard Loemau SH MH, Wakapolres Tomohon Kompol Darura Amping STh, Perwakilan Dandim 1302 Minahasa Kasdim Mayor Inf Vino Onibala, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring SE ME.

Dan, para anggota DPRD Kota Tomohon, Sekretaris TP PKK Eleonora Lumentut-Sangi, Para pejabat Eselon dua, para Camat dan Lurah se Kota Tomohon, serta tokoh agama dan masyarakat.(jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *