Kritisi Kinerja Polri, Jangan Tunggu Viral Dulu Saat Tangani Kasus

JAKARTA, mejahijau.com – Ketua DPR RI, Puan Maharani, memberikan ucapan selamat HUT ke-77 kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

“Saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 untuk seluruh anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia,” kata Puan dilansir dari dpr.go.id yang dikutip Minggu, (02/07/2023).

Dikutip dari laman pikiranrekyat.com, Puan Maharani berharap Polri semakin profesional dan terus bekerja memberi pelayanan terbaik bagi rakyat.

Selain itu, dia juga berharap Polri terus profesional dalam menjalankan tugas pokok dan kewajibannya.

Menurutnya, Polri harus mampu dalam memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat. Selain itu juga memberi perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Tingkatkan kedisiplinan dan profesionalitas dalam melayani dan menjaga keamanan masyarakat,” kata anak dari Megawati itu.

Cucu Bung Karno ini juga mengingatkan Polri untuk menjalankan tugas dengan baik dalam berbagai dinamika dan tantangan yang ada. Apalagi, saat menghadapi tahun politik jelang Pemilu 2024.

“Dengan profesionalitas, Polri mampu menjaga tahun politik sehingga Pemilu 2024 bisa berlangsung dengan aman, damai, dan gembira,” tuturnya.

Puan menilai Polri harus mengedepankan restorative justice dalam kasus tindak pidana ringan yang melibatkan masyarakat kecil maupun rakyat.

“Masyarakat berharap, Polri bisa bekerja secara terbuka, penuh keadilan, dan sigap untuk semua penegakan hukum tanpa perlu menunggu peristiwa viral terlebih dahulu,” katanya.

Polri perlu melakukan evaluasi terhadap kinerja-kinerjanya selama ini, apalagi dalam satu tahun terakhir. Tingkatkan pula pengawasan internal sehingga dapat lebih maksimal dalam memberi pelayanan kepada rakyat.

Sehingga, tidak ada kesan hukum tajam ke bawah. DPR, memiliki harapan kepada Polri dalam mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan saat menghadapi kasus hukum rakyat kecil.

Di sisi lain, ia meminta masyarakat percaya bahwa masih banyak anggota Polri yang berdedikasi dalam memberikan pengabdiannya untuk rakyat dan negara.

“Terima kasih atas pengabdian Polri selama ini. Semoga Polri semakin banyak menunjukkan prestasi dan tegas membela rakyat kecil. Dirgahayu ke-77 Polri, salam presisi,” ujarnya melanjutkan.(prc/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *