Rinny Tamuntuan: Pancasila dapat Diamalkan Melalui Tindakan Saling Menghargai

TAHUNA, mejahijau.com – Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan menjadi inspektur upacara (Irup) pada Hari Lahir (Harla) Pancasila, Kamis, (01/06/2023).

Peringatan Harla Pancasila dilangsungkan di lapangan Gelora Santiago Tahuna, Rinny Tamuntuan ketika membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Bahwa pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar pandangan hidup bangsa, dasar negara, idiologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan keberagaman.

Pancasila sekaligus sebagai bintang penuntun, yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat dan makmur.

Lanjut Penjabat Bupati Rinny Tamuntuan, bahwa Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal, serta pengalaman religius bangsa Indonesia.

Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural dengan demikian nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan, seperti saling menghargai, bekerja sama dan saling menghormati.

“Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inclusifitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika. Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia,” ucap Rinny.

Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara atau pun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, namun harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam didalam hati bangsa Indonesia,” tutup Rinny Tamuntuan membacakan sambutan Presiden Joko Widodo.

Pada upacara peringatan Harla Pancasila dihadiri Forkopimda, Pimpinan OPD, Camat, Lurah dan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Sangihe.(gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *