Momentum Harkitnas ke 115 Jadi Gerakan Kebangkitan Perjuangan Tomohon

Berita Utama, Tomohon335 Dilihat

TOMOHON, mejahijau.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring jadi Inspektur Upacara Peringatan Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) ke 115 tahun 2023 di Kota Tomohon.

Peringatan Harkitnas yang jatuh setiap tanggal 20 Mei ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Wali Kota Tomohon, Senin, (22/05/2023).

Sambutan Plt Menteri Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Republik Indonesia dibacakan oleh Sekdakot Tomohon Edwin Roring.

115 lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini, di tandai meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan utuh didirikannya Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908.

Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai satu negara, berdaulat, adil, dan makmur.

Didirikan oleh Dr Soetomo bersama mahasiswa School Tot Opleiding Van Indische Arsen (STOVIA), Budi Utomo mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalan dari bangsa lain.

Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama Kebangkitan Nasional, yakni : Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan nusa dan bangsa, Mewujudkan kehidupan bangsa terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Barisan persatuan yang dibentuk Budi Utomo jadi pemantik bagi kekuatan Indonesia menghadapi berbagai tantangan di masa sulit, baik masa Pra-Kemerdekaan maupun Pasca Kemerdekaan.

Di saat kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak-mengobarkan api “semangat untuk bangkit” demi mewujudkan Indonesia emas 2045.

Pada tanggal 5 Mei 2023, badan kesehatan dunia (WHO) mengumumkan, status Public Health of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut.

Selama 3 tahun terakhir, ditengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang dihadapi bersama, terbukti perjuangan rakyat Indonesia tetap melaksanakan penanganan Pandemi Covid-19 untuk memulihkan ekonomi bangsa.

Hal ini, menjadi momentum memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115, sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

“Hari Kebangkitan Nasional, hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita,” kata Menkominfo seperti dikutip Sekdakot Edwin Roring.

Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

Lanjut dikatakan, mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik.

Data Badan Statistik menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat bertumbuh 5,31% (year on year), jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% (year on year).

“Bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019,” ucapnya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di Triwulan I tahun 2023 pun tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03%. Itu menunjukkan performa lebih baik pada periode Triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01%.

Tentu kita berharap capaian-capaian ini dapat dipertahankan dan terus tingkatkan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional juga, kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional.

Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum beranggotakan 20 negara/entita regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20, presidensi G20 Indonesia di tahun 2022

Semakin membawa harum nama ibu Pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema “recover together, recover stronger”.

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan ke-ketuaan-nya dalam forum Asean di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 januari 2023 yang lalu.

Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung “asean matters epicentrum growth”.

Dengan mengusung tema tersebut, Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi asean sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat Kebangkitan Nasional menyambut era pasca pandemi covid-19 dan perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

Mengutip perkataan Dr Sutomo “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”.

Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat Kebangkitan Nasional.

Sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini, dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan penerus bangsa kelak.

Selamat memaknai dan memperingati hari kenbangkitan nasional ke-115 bagi kita semua. berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit!

Peserta upacara seluruh PNS, Tenaga Kontrak dan Pegawai BUMD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Hadir juga Dandim 1302 Minahasa yang diwakili oleh Letnan Dua Inf Deni Pailah, Kapolres Tomohon yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Nofri Maramis SH SIK dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *