JICA Support Pengelola Michi No Eki Pakewa Sejahterakan Masyarakat Tomohon

Berita Utama, Tomohon238 Dilihat

TOMOHON, mejahijau.com – Badan kerjasama International Jepang yang dikenal dengan nama Japan International Cooperation Agensy (JICA) dipastikan hadir saat Grand Opening Michi-no-Eki Pakewa Tomohon.

Grand Opening Michi No Eki akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2023, dihadiri Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Kelompok Tani, Para Pengrajin, Pelaku Usaha Kuliner dan Stakeholder lainnya.

Hal ini terungkap dalam Konferensi Pers bersama Pengelola Michi No Eki Pakewa Tomohon yang di fasilitasi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tomohon, Kamis, (04/05/2023).

“Dari pihak JICA operation juga akan berkesempatan hadir dalam Grand Opening Michi No Eki Pakewa Tomohon,” sebut Direktur Utama Michi No Eki, Vonny Pangemanan.

Dijelaskan Pangemanan, program G to G antara Jepang dan Kota Tomohon dalam rangka pengembangan pasar semua potensi produk komoditi yang ada di Kota Tomohon.

“Seperti “Marketplace” sebuah platform dengan peran sebagai pihak ketiga, disebut juga sebagai perantara penjual dan pembeli dalam melakukan proses jual-beli,” ujar Ketua IWAPI Kota Tomohon ini.

Sembari menambahkan, Pemerintah Kota Tomohon terus mendukung pengelolaan Michi No Eki untuk kemajuan dan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat melalui standarisasi UMKM sesuai Visi Misi CS-WL.

Kesempatan itu, Manager Michi No Eki Pakewa Tomohon Ir Ervins Liuw MSi menambahkan, terkait persiapan Launching kini sudah pada tahap sosialisasi.

“Para Jurnalis akan menjadi partner kami untuk mempublikasikan program kerja dari pengelola Michi No Eki atau Stasiun Jalan, wadah yang memasarkan hasil pertanian dan produk UMKM Kota Tomohon,” kata Liuw.

“Jadi, Michi No Wki juga akan menjadi Call Center menjawab setiap kebutuhan informasi para tamu turis domestik atau turis manca negata yang datang berkunjung ke Tomohon,” jelas Liuw.

“Tak hanya informasi tentang Tomohon, tetapi juga informasi se Sulut bisa di dapat dari Michi No Eki. Misal, tentang informasi cuaca, makan minum, bahkan semua informasi dipresentasikan di Michi No Eki,” urainya.

Dikatakan Liuw, kedepan konsep Michi No Eki Kota Tomohon akan menjadi seperti Michi No Eki di Minamiboso Jepang.

“Michi No Eki Pakewa Kota Tomohon terbuka untuk kepentingan para pelaku usaha, terutama dalam membantu membuat ijin, kemasan, serta pemasaran hasil pangan dan produk komoditi hortikultura organik,” tandasnya.(jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *