Inovasi Dukcapil Tomohon Jadi Pilot Projeck secara Nasional

Berita Utama, Tomohon420 Dilihat

TOMOHON, mejahijau.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tomohon, kini terus memaksimalkan program inovasi guna pelayanan kepada masyarakat.

Pendekatan pelayanan publik, Dukcapil Tomohon gunakan SLOATH (Aplikasi Sistem Layanan Online Adminduk Tomohon Hebat).

Hal ini terungkap saat Kepala Dinas Dukcapil Kota Tomohon Albert J Tulus SH memaparkan program inovasi SKPD yang dipimpinnya saat konferensi Pers di Lt. III Setda Kota Tomohon, Rabu, (17/05/2023).

“Program Smart City, pendekatan pelayanan ke masyarakat secara online kami implementasikan melalui sistem SLOATH,” kata Kadis Tulus.

Menurutnya, pelayanan prima ke masyarakat secara online melalui sistem SLOATH telah masuk nominasi secara nasional.

“Diharapkan, Kota Tomohon masuk dalam Top 99 secara nasional, yang terpenting masyarakat merasakan pelayanannya,” timpal Kadis Tulus.

Lanjut dikatakan, geliat upaya pendekatan pelayanan menembus hingga ke tingkat lingkungan di setiap wilayah Kelurahan.

“Tenaga kontrak di setiap Kelurahan juga diminta untuk membantu pelayanan ke masyarakat. Bahkan, jangkauan pelayanan dibuka kerjasama dengan pihak Rumah Sakit,” katanya.

Kota Tomohon, sebut dia, satu-satunya daerah di Indonesia yang melaksanakan pelayanan prima kepada masyarakat dari lahir sampai meninggal dengan pelayanan gratis.

“Akte Kelahiran, KK, KIA langsung diberikan saat anak lahir di Puskesmas atau di Rumah Sakit,” katanya.

“Jadi, dalam konteks pelayanan prima ke masyarakat, jika didapati ada oknum yang melakukan pungutan liar silahkan dilaporkan, kami akan tindak dengan keras,” pungkasnya.(jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *