Assesment Nasional dan Rapor Pendidikan Tomohon Tertinggi se Sulawesi Utara

TOMOHON, mejahijau.com – Assesment nasional dan rapor pendidikan Kota Tomohon ternyata meraih nilai tertinggi se Provinsi Sulawesi Utara.

Hal itu terungkap saat media gathering di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, bersama Jurnalis Tomohon Hebat, di Aula SMP Kristen Tomohon, Selasa, (02/05/2023).

Pemkot Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelar kegiatan yang difasilitasi oleh Kabag Prokopim Setda Tomohon, Christo Kalumata.

Hajatan dihadiri para Kepala Bidang dan Kepala Sekolah SD serta SMP se- Kota Tomohon.

Kepala Dinas Dikbud Kota Tomohon DR Juliana Dolvin Karwur MKes MSi menjelaskan, peringatan Hardiknas di Kota Tomohon dilaksanakan upacara bendera setiap sekolah.

“Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 memiliki tema Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar”. Ini menjadi platform implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan di Kota Tomohon,” terangnya.

Menurut Karwur, Dinas Dikbud yang dipimpinnya memiliki sejumlah program prioritas yang secara terukur dilaksanakan di semua jenjang pendidikan PAUD, SD dan SMP.

“Program prioritas tersebut, yakni Bimtek Guru Penggerak, Kegiatan Minat Bakat SD dan SMP, Kegiatan PAUD Holistik Integratif. Pemberian Beasiswa bagi Guru PNS dan Non PNS, Pemberian Beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan kurang mampu,” bebernya.

Karwur pun gamblang merinci berbagai kiat dan terobosan dalam pengembangan satuan pendidikan di Kota Tomohon sesuai dengan Visi Misi CS-WL.

“Termasuk rapor pendidikan pemetaan prestasi siswa dan rapor pendidikan uji literasi baca, tulis dan hitung, dimana Kota Tomohon capai 1,66 diatas rata-rata provinsi,” papar Praktisi Pendidikan Sulut ini.

Sembari menambahkan, Assesment Nasional Kota Tomohon tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara.Bahkan tidak ada kesenjangan, dengan iklim keamanan diatas rata-rata Nasional.

Lanjut Ia menjelaskan, dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional pihaknya akan meluncurkan Program Inovasi “Sahabat Hebat Kurikulum Merdeka”.

“Launching Program Inovasi Sahabat Hebat Kurikulum Merdeka akan dihelat pada tanggal 4 Mei 2023. Nanti setiap hari Selasa program ini akan diterapkan melibatkan Praktisi Pendidikan dan Stakeholder lainnya,” pungkasnya.

Diketahui, Kota Tomohon memiliki Sekolah sebanyak 159, terdiri dari satuan pendidikan PAUD 69, SD 64, SMP 22 kesetaraan 4.

Sementara untuk jumlah siswa 1549. Memiliki 768 Rombongan Belajar dan untuk Tenaga Pendidik 1069 dan 297 Tenaga Kependidikan.(jp)