RSD Liun Kendage Rebut Bintang Lima

TAHUNA, mejahijau.com – Rumah Sakit Daerah atau RSD Liun Kendage rebut bintang lima.

Setelah melalui beberapa tahapan penilaian, akhirnya RSD Liun Kendage Tahuna meraih akreditasi bintang 5 alias paripurna.

Hal ini ditandai dengan diterimanya sertifikat akreditasi RSD Liun Kendage dari Kementrian Kesehatan RI kepada Direktur dr Aprikonus Loris.

Sertifikat kemudian diserahkan oleh Penjabat Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan pada apel bersama ASN, THL di Lapangan Santiago, Tahuna, Selasa, (11/04/2023).

Penjabat Rinny Tamuntuan mengapresiasi dan bangga atas capaian yang diraih RSD Liun Kendage di kepemimpinan dr Aprikonus Loris.

“Selamat, dan saya bermohon bintang ini jangan sampai turun dan terus dipertahankan atau ditingkatkan,” ungkap orang nomor 1 di Kabupaten Sangihe.

Lanjut Rinny, meski masih banyak yang belum dapat dibenahi kiranya bisa menjadi perhatian semua pihak.

“Jadi mohon ini menjadi perhatikan dari Pak Direktur dan seluruh karyawan rumah sakit daerah Liun Kendage Tahuna,” kata Rinny Tamuntuan.

Terpisah ketika ditemui Direktur RSD Liun Kendage dr Aprikonus Loris mengatakan, capaian tersebut merupakan kerja sama semua elemen keluarga besar RSD Liun Kendage Tahuna.

”Meskipun ini paripurna tetapi masih ada yang akan kami benahi kedepan. Ini harus dipertahankan dan kedepan lebih ditingkatkan lagi,” ucap dokter yang low Profile ini.

Diketahui Akreditasi RS adalah proses penilaian oleh Lembaga Independen setiap 3 tahun sekali. Dan untuk RSD Liun Kendage, lembaga penilai dari Komisi Akreditasi RS (KARS) dan RSDLK tahun 2019 menyematkan predikat “madya” bintang 3, dan tahun 2023 paripurna bintang lima.

Ada 16 POKJA yang dinilai mulai dari pasien masuk RS sampai dengan pulang baik hidup atau meninggal.(*)