Serahkan Bantuan Bencana Gelombang Pasang, Ini Pesan Bupati Rinny untuk Kapitalaung

TAHUNA, mejahijau.com
Serahkan bantuan bencana gelombang pasang di Kampung Nanedakele, Bupati Rinny Tamuntuan sampaikan pesan-pesannya kepada Kapitalaung, Kamis, (16/03/2023).

Bantuan diserahkan kepada 9 anggota keluarga korban gelombang pasang pada 11 Januari 2023 di Kampung Nanedakele Kecamatan Nusa Tabukan.

Adapun bantuan yang diserahkan Bupati Rinny Tamuntuan berupa sembako, kursi roda, terpal, matras, selimut, dan geobag.

BACA JUGA: Salurkan Bansos di Kampung Kalama, Rinny Tamuntuan Didesak Bangun Talud.

Dalam sambutannya Bupati Rinny mengatakan, tidak ada seorang pun yang menginginkan terjadi bencana. Namun jika terjadi bencana, pemerintah pasti akan hadir bersama-sama dengan masyarakat.

“Sesuai laporan yang kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, itu langsung ditindaklanjuti. Sehingga pada saat ini dapat disalurkan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” ungkapnya.

BACA JUGA: Penjabat Bupati Sangihe Serahkan Bantuan Nelayan di 18 Kecamatan.

Setelah melewati laut lepas untuk menyerahkan bantuan, Rinny Tamuntuan menghimbau semua Kapitalaung, jika terjadi bencana segera mendata keluarga terkena dampak.

“Tujuannya agar pemberian bantuan tepat sasaran,” jelasnya.

Lanjut diungkapkan soal program pemerintah pusat yaitu rumah sederhana terpadu untuk korban bencana alam yang mengalami kerusakan parah.

“Dan semua itu tinggal tunggu berproses,” katanya.

Kesempatan itu, laporan Kepala BPBD Sangihe Wandu Labesi menyebut bantuan kepada keluarga terdampak bencana alam merupakan perjuangan penjabat Bupati Sangihe.

“Jadi dengan anggaran Rp250 juta untuk logistik, dan Rp500 juta biaya operasional pemulihan tanggap darurat. Saat ini dari dana Rp250 juta yang pengadaannya langsung dari BPBD, diserahkan kepada warga penerima bantuan. Sungguh luar biasa perjuangan Ibu Penjabat Bupati,” puji Labesi.

Ia berharap masyarakat tetap terus mendukung upaya Penjabat Bupati Rinny Tamuntuan dalam menyelesaikan berbagai agenda termasuk kondisi saat terjadi bencana.

Sementara Camat Nusa Tabukan Deny Abram menyampaikan apresiasi upaya Penjabat Bupati Rinny Tamuntuan yang berkenan hadir langsung menyerahkan bantuan .

“Terima kasih untuk perjuangan dan perhatiannya kepada masyarakat Kecamatan Nusa Tabukan,” ucap Abram.

Turut hadir dalam kegiatan, Anggota DPRD Deny Roy Tampi, Kapitalaung Husen Mahengkeng, Sekretaris kampung Nehemia Lalo, Babinsa Nanedakele Serma Elvis Maradung.

Tampak hadir juga Staf Khusus Gunfanus Takalawangen, Taslim Mahmud dan Theodore Angow.(gustaf)