Satpol-PP dan Linmas Sangihe Peringati HUT dengan Gelar Pasukan

TAHUNA, mejahijau.com – Satpol-PP dan Linmas Kabupaten Sangihe peringati HUT dengan gelar pasukan, Senin, (13/03/2023).

Gelar Pasukan dilaksanakan terkait HUT ke-73 Satpol-PP dan HUT ke-61 Satlinmas Khusus Kabupaten Kepulauan Sangihe, Tema yang diambil, “Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat yang Profesional.

Kegiatan dipusatkan di Mako Satpol-PP, Linmas, dan Damkar dipimpin Kasat Treenov Touvan Pontoh sebagai inspektur upacara sekaligus membaca sambutan Mendagri.

Kemudian ada sambutan Mendagri yang menekankan dua hal. Pertama, peran Satpol-PP dan Satlinmas dalam pertumbuhan ekonomi. Isu penguatan ekonomi dan pengendalian inflasi dibahas Presiden RI Jokowi saat Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda tahun 2023.

Satpol-PP dan Linmas Kabupaten Sangihe peringati HUT dengan melakukan gelar pasukan.

“Sesuai amanat undang-undang, peran Satpol-PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan untuk menciptakan kondisi yang aman, tentram, tertib. Dan diharapkan akan meningkatkan daya tarik berusaha bagi investor dan pengusaha lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Mendagri ditirukan Kasat Treenov Touvan Pontoh.

Penekanan Kedua, adalah peran Satpol-PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Suksesnya Pemilu ditentukan oleh kesiapan penyelenggara Pemilu, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan kesiapan aparat mengantisipasi potensi kerawanan Pemilu.

“Kesempatan ini mari konsolidasikan penyelenggara ketentuan dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat yang mengikuti agenda Pemilu tahun 2024. Hal ini agar tercipta kondisi aman, tertib, demokratis dalam bingkai NKRI,” ajaknya.

Seusai upacara gelar pasukan, Kasat Treenov Touvan Pontoh   menyerahkan piagam penghargaan dan uang tunai sebagai bonus bagi THL berprestasi.

Menurut Treenov, pemberian piagam untuk memberikan motivasi kepada semua anggota Satpol-PP, Linmas dan Damkar untuk lebih meningkatkan prestasi kerja.

Untuk memeriahkan HUT Satpol-PP ke-73, serta HUT Linmas ke-61, dilombakan berbagai kegiatan, antaranya donor darah, jalan sehat, serta senam zumba.(gustaf)